Karakteristik dan Persepsi Wisatawan Mancanegara di Kawasan Sanur dan Canggu, Bali

https://doi.org/10.22146/jpt.43178

Komang Ratih Tunjungsari(1*)

(1) Program Studi D4 Manajemen Perhotelan dan Program Studi D3 Perhotelan, Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pariwisata di Bali sudah dimulai sejak awal tahun 1920-an dan kemudian pariwisata akhirnya dijadikan salah satu solusi untuk memperbaiki kondisi keuangan setelah kemerdekaan. Diawali pada pembukaan bandara internasional Ngurah Rai di Bali, tahun 1974 pemerintah mencanangkan formula kepariwisataan di Bali yang berbasis pariwisata budaya. Kegiatan pariwisata yang dilaksanakan oleh wisatawan mancanegara ketika itu sebagian besar menikmati suguhan budaya dari masyarakat lokal, seperti tari-tarian, pembuatan patung, keindahan alam yang asri, serta kehidupan masyarakat lokal. Perkembangan kegiatan pariwisata di Bali tidak dapat dihindari seiring dengan majunya teknologi. Memasuki tahun 2000-an, kegiatan wisatawan mancanegara pun berubah, begitu pula juga karakteristik dari wisatawan tersebut dengan semakin cepatnya perkembangan informasi yang ada. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik wisatawan mancanegara yang mengunjungi daerah pantai di Bali, khususnya di kawasan pantai Sanur dan kawasan Canggu. Metode yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada wisatawan yang ada di kawasan pantai tersebut dengan menggunakan random purposive sampling kepada wisatawan mancanegara. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan deskriptif kualitatif untuk memaparkan hasil penelitian yang didapatkan. Menggunakan analisis sederhana didapatkan bahwa sebagian wisatawan masih berada dalam usia produktif 18-35 tahun dan yang unik adalah masih banyak wisatawan yang tinggal di daerah tersebut baru pertama kali mengunjungi Bali. Kedua kawasan pantai tersebut memiliki karakteristik yang berbeda karena kawasan Sanur memang merupakan kawasan pariwisata sejak awal sejarah pariwisata di Bali, sedangkan kawasan Canggu merupakan kawasan pariwisata yang baru sejak tahun 2000-an dikenal wisatawan. Sehingga terdapat perbedaan hasil di beberapa karakteristik, seperti asal negara dan tipe akomodasi tempat tinggal wisatawan tersebut. Menariknya, transportasi menggunakan sepeda motor menjadi pilihan bagi sebagian besar wisatawan di kawasan wisata tersebut. Persepsi wisatawan tentang Bali sudah baik dengan budaya dan wisatanya, akan tetapi menyayangkan pengelolaan masalah sampah dan kemacetan di Bali yang masih belum tertata.

Keywords


Karakterisitik; aktivitas; persepsi; wisatawan mancanegara dan Bali

Full Text:

PDF


References

Anonim. 2010. [https://www.surfer.com/features/bali_dispatch_canggu/]. Online. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2018.

Desa Canggu. 2018. Jumlah Penduduk. Online. [http://desacanggu.badungkab.go.id/page/1179/Jumlah-Penduduk.html]. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2018.

Ardhana, Sudarsono. 1963. Pokok-Pokok Ilmu Jiwa Umum. Surabaya: Usaha Nasional.

Arifin, M. 2010. Kepemimpinan dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Teras.

Badan Pusat Statistik. 2018. Jumlah Wisatawan Asing ke Indonesia dan Bali, 1969-2017. Online. [https://bali.bps.go.id/statictable/2018/02/09/28/jumlah-wisatawan-asing-ke-bali-dan-indonesia-1969-2017.html]. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2018.

Bank DUnia. 2003. Bali Setelah Tragedi.

Francillon, Gérard. 1979. Balil: Tourism, Culture, Environment, Universitas Udayana-UNESCO.

Indrawarti, Yayu. 2010. Persepsi Wisatawan Lanjut Usia pada Fasilitas Akomodasi dan Aktivitas Pariwisata Bernuansa Seni Budaya di Desa Sanur. Jurnal ISI-Denpasar.

Fandeli, Chafid dan Mukhlison. 2000. Pengusahaan Ekowisata. Yogyakarta: Fakultas Kehutanan UGM dan BKSDA Yogykarta.

Gibson, et al. 1995. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Gregorius. 2008. If Only Bali Had Listened to Its French Consultants.

http://www.balidiscovery.com/messages/printmessage.asp?Id=4223, retrieved in 25 January 2013.

Kurniati, Ni Made Taganing dan Siagian, Yeni D.S. 1996. Perkembangan Pariwisata dan Perubahasan Sosial di Sanur Kaja, Kotamadya Denpasar, Propinsi Bali dengan Tinjauan Psikologi. Buletin Penalaran Mahasiswa UGM. Vol. 2.No. 2. Agustus 1996. P. (36-39).

Malbos, Frédérique. 2010. Bali. Casa Editrice Bonechi, Italy.

Pemerintah Kota Denpasar. downloaded in 22 October 2012. 21.19

Rivai, Veithzal. 2002. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robin, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks.

Suarka, Fanny Maharani., Sulistyawati, Agung Sri., dan Sari, Ni Putu. 2017. Pengembangan Leisure and Recreation For Later Life (Wisatawan Lanjut Usia) di Kawasan Wisata Sanur-Bali. Jurnal Analisis Pariwisata. Vol. 17. No. 2.

Seaton, AV & Bennet. 1996. The marketing of Tourism Products: Concepts, Issues and Cases. London International Thomson Business Press.

Sunaryo, T. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Surya. 2018. Pariwisata Canggu Kian Menggeliat. [http://denpostnews.com/2018/01/30/pariwisata-canggu-kian-menggeliat/]. Diakses pada tanggal 1 Oktober 2018.

Vickers, Adrian. 2012. Bali: A Paradise Created. 2nd Ed. Tuttle Publishing, Singapore.

The World Travel and Tourism Council-WTTC. 2015. Yearbook of Tourism Statistics. WTTC Database, Madrid.

Utama, I Gusti Rai. 2016. Keunikan Budaya dan Keindahan Alam sebagai Citra Destinasi Bali Menurut Wisawatawan Australia Lanjut Usia. Jurnal Kajian Bali. Volume 06, Nomor 1.

Waidi. 2006. The Art of Re-engineering Your Mind for Success. Jakarta: Gramedia.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi.

Widiyani, Desak Made Sukma. Tanpa Tahun. Perkembangan Daerah Pariwisata Sanur (Dilihat dari Teori Lokasi Growth Pole).



DOI: https://doi.org/10.22146/jpt.43178

Article Metrics

Abstract views : 597 | views : 1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komang Ratih Tunjungsari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pariwisata Terapan is published by Universitas Gadjah Mada, Indonesia with registered number ISSN 2580-1031 (Print) and ISSN 2580-104x (Online). This website is licensed under a Creative Commons Attribute-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.


free
hit counter View My Stats