Stuktur Sosial Masyarakat Petani Bawang Merah di Desa Sigentong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

https://doi.org/10.22146/jps.v9i1.77627

Haryono R Rinardi(1), Nazala Noor Maulany(2*), Noor Naelil Masruroh(3), Yety Rochwulaningsih(4), Rabith Jihan Amaruli(5)

(1) Universitas Diponegoro, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
(3) Universitas Diponegoro, Indonesia
(4) Universitas Diponegoro, Indonesia
(5) Universitas Diponegoro, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Brebes saat ini dikenal sebagai sentra produksi bawang merah terbesar di Indonesia. Usaha pertanian bawang merah Brebes melibatkan sebagian besar penduduknya yang menggantungkan hidup mereka pada sektor tersebut. Secara sosiologis, struktur sosial masyarakat petani bawang merah di daerah itu sangat kompleks, dengan keterlibatan berbagai pihak dengan berbagai peran dan kedudukannya. Demikian pula pola-pola hubungan kerja yang terjalin di dalamnya antara kelompok satu dengan kelompok yang lain. Penelitian ini bermaksud mengungkap gambaran struktur sosial dan pola-pola hubungan kerja dalam masyarakat petani bawang merah Brebes yang dilakukan melalui studi kasus di Desa Sigentong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitiatif yang disusun menggunakan metode observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa terdapat pelapisan sosial masyarakat petani di Desa Sigentong pada masa produksi dan masa pascapanen. Pelapisan sosial pada masa produksi terdiri dari kelompok para juragan yang terdiri dari juragan pemilik tanah, petani dan buruh. Sementara pada pelapisan sosial masa pascapanen, secara umum terdiri atas kelompok juragan pada lapisan paling atas dan buruh pada lapisan paling bawah. Terkait dengan pola hubungan kerja dalam masyarakat petani bawang merah secara umum, hubungan antara juragan dan petani diikat oleh sistem penguasaan tanah dengan sewa, gadai dan bagi hasil. Di antara petani dan buruh, bentuk hubungan kerja yang ada bersifat borongan dan lepas. Secara umum pola-pola hubungan di antara mereka satu sama lain tidak terikat dan cenderung dianggap saling menguntungkan.


Keywords


Struktur sosial; Petani; Buruh

Full Text:

PDF


References

Basuki, Rofik Sinung, Nur Khaririyatun, Asma Sembiring dan Idha Widi Arsanti. 2017. “Studi Adopsi Varietas Bawang Merah Bima Brebes dari Balitsa di Kabupaten Brebes.” Jurnal Hortikultura 27 (2): 261-268.

BPS Kabupaten Brebes. 2018. Brebes dalam Angka 2018. Brebes: BPS Kabupaten Brebes.

---------. 2017. Kecamatan Wanasari dalam Angka 2017. Brebes: BPS Kabupaten Brebes.

BPS Propinsi Jawa Tengah. 2017. Jawa Tengah dalam Angka 2017. Semarang: BPS Provinsi Jawa Tengah.

---------. 2018. Jawa Tengah dalam Angka 2018. Semarang: BPS Provinsi Jawa Tengah.

Bungin, Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana Persada.

Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maftukin, Muhammad, Hastuti, Dewi dan Subekti, Endah. 2015. “Analisis Kelayakan Pembenihan Umbi Bawang Merah (Studi Kasus di Penangkar Benih Sentani Desa Kelompok Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes).” Mediagro 11 (1): 60-74.

Raharjo, Dawam. 2017. Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rasoki, Timbul. 2016. “Rantai Pasok Bawang Merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.” Tesis pada Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Rinardi, Haryono, Noor Naelil Masruroh, Nazala Noor Maulany dan Yety Rochwulaningsih,. 2019. “Dampak Revolusi Hijau dan Modernisasi Teknologi Pertanian: Studi Kasus Pada Budi Daya Pertanian Bawang Merah di Kabupaten Brebes.” Jurnal Sejarah Citra Lekha 4 (2): 125-136.

Republika. 2018. “Musim Kemarau Puncak Panen Bawang Merah.” 2014. Republika. Diakses tanggal 3 Maret, 2018 (http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/14/09/22 /nca4w6-musim-kemarau-puncak-panen-bawang-merah)

Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.



DOI: https://doi.org/10.22146/jps.v9i1.77627

Article Metrics

Abstract views : 1195 | views : 883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pemikiran Sosiologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:

Crossref Member Badge      

ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).


free
web stats View my stats