Potensi Hutan Rakyat di Kalurahan Kalirejo, Kokap, Kulonprogo

https://doi.org/10.22146/jp2m.61033

Ridla Arifriana(1), Puji Lestari(2*), Denni Susanto(3), Atus Syahbudin(4)

(1) Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner
(2) 
(3) 
(4) Fakultas Kehutanan UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Hutan rakyat merupakan salah satu penunjang sosial ekonomi masyarakat pedesaan di Kulonprogo. Bukan hanya potensi kayu, potensi non kayu seperti obat-obatan juga sangat potensial untuk dikembangkan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah mengidentifikasi potensi hutan rakyat di Desa Kalirejo, Kulonprogo. Kegiatan pengabdian dilakukan pada bulan Juli – Oktober 2020. Lokasi kegiatan pengabdian di Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan metode triangulasi. Selain itu, pelaksanaan kegiatan pengabdian melalui forum grup discussion (FGD) sebagai media dalam menjaring informasi dan penawaran solusi dari masyarakat sendiri. Target dan sasaran kegiatan ini adalah petani hutan rakyat dan stakeholders terkait. Petani yang dimaksud adalah anggota dari gabungan kelompok tani Margo Manunggal Jati. Berdasarkan hasil kegiatan, teridentifikasi potensi hutan rakyat di Desa Kalirejo cukup tinggi, diantaranya kelapa, ketela, sengon, jabon, cengkeh, mahoni, dan palawija. Dalam pengembangan potensi hutan rakyat di Desa Kalirejo, ditemui beberapa permasalahan yang membuat lahan kurang optimal diantaranya pola pertanaman yang tidak teratur, lahan yang sempit, komoditas kelapa yang kurang baik, serta modal untuk pemupukan.

Keyword: hutan rakyat, kalirejo, kelompok tani, potensi lokal

Keywords


hutan rakyat, kalirejo, kelompok tani, potensi lokal

Full Text:

PDF


References

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yogyakarta. Buku Statistik Kehutanan (2020). DLHK Yogyakarta.

Rusdiana, O., Supijatno., Ardiyanto, Y & Widodo, C.E. (2017). Potensi Pengembangan Kehutanan dan Pertanian Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur. Journal of Regional and Rural Development Planning. 1 (2): 114-131.

Attar, M. (2000). Hutan Rakyat: Kontribusi Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Petani dan Perannya dalam Perekonomian Desa. P3KM Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Bogor

Badan Pusat Statistik. [2016]. Statistik Tanaman Pangan Kulon Progo Kabupaten Kulon Progo. Food Corps Statistic of Regency Kulon Progo. BPS Kabupaten Kulon Progo.

Puspitojati, Triyono. M. Yamin Mile, Eva Fauziah, Dudung Darusman. 2014. Hutan Rakyat Sumbangsih Masyarakat Pedesaan Untuk Hutan Tanaman. Yogyakarta: PT Kanisius.

United Nation Development Program 2016.

Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias : Praktik Triangulasi Dan Kesahihan Riset Kualitatif. Jurnal Lisan Al-Hal, 7, 283-303.M. P. Brown and K. Austin, The New Physique (Publisher Name, Publisher City, 2005), pp. 25–30.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.



DOI: https://doi.org/10.22146/jp2m.61033

Article Metrics

Abstract views : 400 | views : 463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.