OPTIMALISASI WEBSITE KEDIRIMENJUAL.COM UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK UMKM KABUPATEN KEDIRI MELALUI DIGITAL MARKETING

https://doi.org/10.22146/jp2m.53746

Setyo Tri Wahyudi(1*), Sonny Subroto M Laksono(2), Sovia Rosalin(3), Deasy Chrisnia Natalia(4), M. Daniel Septian(5)

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya
(2) Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya
(3) Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya
(4) Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya
(5) Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Digital marketing menjadi kunci untuk mengembangkan dan mengenalkan produk daerah di kancah global. Pemerintah Daerah Kediri memfasilitasi pelaku UMKM dalam pemasaran produk melalui website kedirimenjual.com yang dikelola Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri. Melalui Kegiatan Program Doktor Mengabdi (DM Mengabdi) yang digagas oleh LPPM Universitas Brawijaya, berusaha membantu dalam upaya mengoptimalkan website tersebut. Berdasarkan identifikasi permasalahan, terdapat beberapa aspek yang perlu dibenahi untuk optimalisasi website meliputi spesifikasi website, sumberdaya manusia pengelola website, dan UMKM yang akan memasarkan produknya.

Desain kegiatan dilakukan melalui tahapan analisis komparasi website kedirimenjual.com dengan kompetitor sejenis, analisis kebutuhan content/muatan website Kedirimenjual.com, merancang dan membangun sistem aplikasi website Kedirimenjual.com, uji coba website kedirimenjual.com, dan pemeliharaan website dengan update content dan informasi produk UMKM di Kabupaten Kediri. Optimalisasi spesifikasi website telah dilakukan dengan melakukan desain ulang website sebelumnya, sehingga lebih dinamis dan interaktif dengan beberapa fitur tambahan. Sedangkan peningkatan kemampuan pengelola website juga telah dilakukan dengan pelaksanaan Training of Trainers bagi pengelola Admin di Dinas Perdagangan. Berdasarkan evaluasi dan monitoring oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri, kegiatan optimalisasi website Kedirimenjual.com telah memberikan dampak signifikan bagi pengembangan dan promosi UMKM di wilayah Kabupaten Kediri dan luar daerah. Namun demikian, menjaga keberlanjutan bagi pelaku UMKM dalam berproduksi serta memasarkan melalui platform website masih menjadi tantangan bagi Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang terukur untuk menjaga keberlanjutan website tersebut.


Keywords


Kedirimenjual.Com; UMKM; Brand Awareness; Digital Marketing

Full Text:

PDF


References

Ginting, Nurjaina. (2005). Teknologi Daur Ulang Limbah Cair. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Mustika, I Wayan. (2007). Membangkitak Kembali Tari Bedoyo Tulang Bawang di Kota Menggala Lampung. Jurnal Humaniora, 19, 135-142. Pemerintah Kabupaten Kediri. http://datapokok.ditpsmk.net/index.php?



DOI: https://doi.org/10.22146/jp2m.53746

Article Metrics

Abstract views : 919 | views : 1552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.