STRATEGI PENGEMBANGAN TAMAN EDUKASI PERTANIAN DI DESA GERBOSARI KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO

https://doi.org/10.22146/jp2m.51217

Yuni Andari(1*), Nur Aini Yuniyarti(2)

(1) Departemen Eonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Eonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Gerbosari secara administrasi terletak di wilayah Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Provinsi DIY. Desa Gerbosari memiliki potensi alam dan pertanian yang dapat dikembangkan menjadi potensi wisata berbasis alam dan agro, namun permasalahan yang dihadapi desa ini adalah ketersediaan sarana dan prasarana fisik maupun non fisik yang belum memadai yang dapat menunjang program desa wisata tersebut. Salah satu kegiatan yang dapat menunjuang program pengembangan desa wisata di Desa Gerbosari yaitu pembuatan taman edukasi pertanian, namun kurangnya pengetahuan dan keterampilan pengelola wisata dan pemerintah desa dalam pembuatan taman edukasi menjadi salah satu masalah yang dihadapi. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan taman edukasi pertanian dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola wisata dan anggota masyarakat dalam pembuatan taman edukasi pertanian. Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah anggota kelompok PKK Desa Gerbosari. Pelatihan diberikan oleh tenaga ahli yang disediakan oleh tim pengabdian SV UGM. Kegiatan pelatihan melibatkan kelompok masyarakat dan institusi Desa Gerbosari, serta Sekolah Vokasi UGM. Kegiatan pelatihan tersebut telah menambah pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok PKK sebagai salah satu pengelola desa wisata dalam hal pembuatan taman edukasi pertanian.


Full Text:

PDF


References

BPS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. (2016). Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Angka.Yogyakarta: BPS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

BPS Kabupaten Kulon Progo. (2016). Kecamatan Samigaluh Dalam Angka. Yogyakarta: BPS Kabupaten Kulon Progo.

Mandagi, Aulia Utami. (2013).Perancangan Taman Edukasi Lingkungan Untuk Anak-Anak di Situ Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Skripsi Departemen Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor 2013.

Profil DSM Desa Gerbosari. (2017). Desa Gerbosari Sejahtera Mandiri.Kulon Progo : Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Kecamatan Samigaluh Desa Gerbosari.

Setyabudi Irawan, Nuraini, Alfian Rizki, Nailufar Balqis. (2017). Konsep Taman Edukasi pada Sekolah Dasar di Kota Malang (Studi Kasus: SDN Lowokwaru 3 Malang). Jurnal RUAS, Volume 15 No 1, Juni 2017, ISSN 1693-3702.

Sustainable Regional Economic Growth and Investment Programme (2018). Pelatihan Perencanaan dan Operasional Paket Wisata Desa Wisata Hijau. www.sregip.or.id



DOI: https://doi.org/10.22146/jp2m.51217

Article Metrics

Abstract views : 110 | views : 83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.