Sistem Ground Control Station Berbasis Mobile Untuk Pengamatan Dan Pengendalian Uav

https://doi.org/10.22146/jntt.39204

Ariesta Martiningtyas Handayani(1*), Isnan Nur Rifa’i(2)

(1) Elektronika dan Instrumentasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, UGM
(2) Elektronika dan Instrumentasi, Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Sekolah Vokasi, UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


UAV ini memiliki banyak kelebihan diantaranya, pesawat ini dapat digunakan untuk menjalankanmisi yang berbahaya ataupun misi rahasia. Salah satu misi UAV yang paling sering digunakan adalahpemantauan kondisi di suatu tempat. Pemantau kondisi lingkungan dari udara dengan menggunakanUnmanned Aerial Vehicle(UAV) yang dilengkapi dengan kamera diperlukan suatu perangkat lunakyang mampu mengirimkan data ke Ground Control Station(GCS). GCS juga dapat digunakan untukmengirimkan perintah. Dalam penelitian ini perintah yang dikirim adalah perintah autopilot. Perintahautopilot ini sangat penting dalam misi pemantauan. Perintah ini digunakan untuk mengarahkan UAVke suatu posisi yang ingin dipantau. Data perintah yang dikirim berupa titik koordinat garis bujur danlintang tujuan. Untuk mengaktifkan autopilot tersebut diperlukan suatu sistem pengiriman perintahdari GCS. Sehingga setelah data diterima oleh UAV, maka UAV mampu memroses data yangdiperlukan dan menjalankan perintah autopilot berdasarkan data perintah yang telah dikirim dalam halini khususnya quadcopter. Beberapa tahun terakhir, para software developers mengalihkan perhatiankepada pembuatan aplikasi mobile, salah satunya adalah android. Perangkat mobile lebih mudahdibawa untuk perjalanan. Penelitian ini akan mengembangkan GCS seperti pada berbasis PCberdasarkan pada platform android, dan dikombinasikan dengan perangkat layar sentuh android.Penelitian ini akan diujicobakan menggunakan fasilitas laboratorium Elektronika dan InstrumentasiVokasi UGM.

Keywords


UAV; ground control station; quadcopter; mobile; android

Full Text:

PDF


References

E. A. Euteneuer and G. Papageorgiou, 2011,“UAS insertion into commercial airspace: Europe and USstandards perspective,” in IEEE/AIAA 30th Digital Avionics Systems Conference, p. 5C5-1-5C5-12.

T. K. Priyambodo, A. Dharmawan, O. A. Dhewa, and N. A. S. Putro, 2016,“Optimizing control basedon fine tune PID using ant colony logic for vertical moving control of UAV system,” in AIPConf. Proc. , p. 170011.S.

Gupte and J. M. Conrad, “A Survey of Quadrotor Unmanned Aerial Vehicles,” in Proceedings ofIEEE Southeastcon, 2012, pp. 1–6.

M. Abdulla, J. V. Svoboda, and L. Rodrigues, 2005,Avionics Made Simple. Montreal, Quebec,Canada: M.Abdulla.

R. Austin, 2010, Unmanned Aircraft Systems UAVs Design, Development and Deployment.Chichester, West Sussex, PO19 8SQ, United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

A. A. Farghani, R. Sumiharto, and S. B. Wibowo, 2013, “Purwarupa Ground Control Station untukPengamatan dan Pengendalian Unmanned Aerial Vehicle Bersayap Tetap,” Indonesia. J.Electron. Instrum. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2013.

A. Dharmawan, A. Ashari, and A. E. Putra, 2016, “Quadrotor flight stability system with Routhstability and Lyapunov analysis,” in AIP Conf. Proc., p. 170007.

Aimaiti, Y, 2014, Android Based Control Software for Small Unmaned Aerial Vehicles,International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT) Vol. 3 Issue 4,April 2014



DOI: https://doi.org/10.22146/jntt.39204

Article Metrics

Abstract views : 2207 | views : 6411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Nasional Teknologi Terapan (JNTT)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Nasional Teknologi Terapan Indexed by:


  

Web
AnalyticsView My Stats