Studi Ukuran Grafit Besi Cor Kelabu Terhadap Laju Keausan Pada Produk Blok Rem Metalik Kereta Api



Lilik Dwi Setyana(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Blok rem kereta api yang diproduksi di Ceper Klaten Jawa Tengah menggunakan besi cor kelabu.  Permasalahan yang sering dijumpai adalah ketahanan terhadap gesekan yang kurang baik sehingga mempengaruhi lama waktu penggunaanya, namun jika kekerasan blok rem tersebut terlalu tinggi maka roda kereta api yang akan lebih cepat aus.

Penelitian  dilakukan dengan mengidentifikasi 20 blok rem kereta api yang dinyatakan lolos uji dan tidak lolos uji dari tingkat kekerasannya, kemudian diamati struktur mikronya. Kemudian diambil 5 spesimen dengan besar grafit yang berbeda. Pengujian yang dilakukan meliputi uji kekerasan, uji keausan dan pengamatan struktur mikro.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan tertinggi (207 BHN) terjadi pada spesimen 1 dengan ukuran grafit terkecil sedangkan kekerasan terendah (113 BHN) terjadi pada spesimen 5 dengan ukuran grafit terbesar. Laju keausan terendah (2,1.10-4 mm3/kg.m) terjadi pada spesimen 5 dengan ukuran grafit terbesar (laju keausan turun hingga 76% dari spesimen 1). Sedangkan berdasar pengamatan struktur mikro, ukuran grafit dengan panjang rata-rata  40 hingga 70 µm dan lebar rata-rata 5 µm mempunyai nilai kekerasan standar untuk blok rem (175 hingga 197 BHN).




References

Sadino, Farid, M, Arifin. S., 2010, Analisa Ketahanan Aus, Kekerasan dan Struktur Mikro ada Cylinder Liner Fc 25 dengan Penambahan 0,25% Tembaga (Cu), digilib.its.ac.id.

Surojo. E, dkk., 2013, Studi Pengaruh Struktur Mikro Terhadap Ketahanan Aus Besi Cor, Simposium Nasional RAPI XII FT UMS.

Sutiyoko dan Lutiyatmi., 2013, Kekerasan dan Struktur Mikro Besi Cor Kelabu pada Pengecoran Evaporative dengan Variasi Ukuran Pasir Cetak., Jurnal Foundry Vol. 3.

Pratowo, B. dan Kunarto., 2011, Peningkatan Kekerasan dan Ketahanan Aus Permukaan Besi Cor Kelabu Melalui Proses Boronisasi Momentum., Vol. 7, No. 1: 18-23.

Surdia, T., dan Saito, S., 1997, Pengetahuan Bahan Teknik., PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Suherman dan Wahid, 1987, Pengetahuan Bahan, Diktat Jurusan Teknik Mesin, ITS.

Higgins, A.R., 1984, Engineering Metallurgy., Part 1, Fifth Edition, Hodder and Stoughton, London.




Article Metrics

Abstract views : 1289 | views : 800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Material dan Teknologi Proses



Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Jalan Yacaranda, Sekip, Unit IV, Yogyakarta 55281.

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) EBSCO