Variasi Penambahan Fluk Untuk Mengurangi Cacat Lubang Jarum Dan Peningkatan Kekuatan Mekanik



Bambang Suharnadi(1*), Nugroho Santoso(2)

(1) 
(2) Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada.
(*) Corresponding Author

Abstract


Aluminium bekas adalah bahan baku coran yang sering digunakan pada industri coran di wilayah Yogyakarta untuk memproduksi berbagai macam peralatan rumah tangga dan komponen kendaraan. Permasalahan yang sering dihadapi pengrajin coran aluminium yang menggunakan cetakan logam adalah sering terjadinya cacat coran terutama cacat lubang jarum dan kualitas coran yang kurang baik. Dianalisa pengaruh variasi penambahan fluk bertujuan meminimalkan cacat lubang jarum dan meningkatan kualitas material hasil coran. Tahapan proses penelitian adalah memotong material, melebur pada temperatur diatas 700 oC, memanaskan cetakan, penambahan fluk pada cairan logam, penuangan, pembongkaran hasil coran,  pemeriksaan coran, analisa kekuatan coran dengan uji tarik, kekerasan, menunjukan peningkatan kekuatannya pada penambahan fluk 1% Na2CO3 dan 2 % NaCl serta jumlah cacat lubang jarum lebih sedikit dibandingkan tanpa tambahan fluk. Spesimen dengan penambahan 1% fluk Na2CO3 dan 2% fluk NaCl memiliki kekuatan tarik yang paling besar dengan nilai sebesar 150 MPa dan 133 MPa dan memiliki nilai kekerasan 157,4 BHN dan nilai kekerasan 161 BHN, dibandingkan dengan spesimen tanpa fluk.




References

Surdia, T. dan Chijiwa, K., 1982, Teknik Pengecoran Logam, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Suharno, B., Arifin, B., dan Anshara, N., 2006, “Pengaruh Penambahan Scrap, Modifier (Al-Sr) dan Grain Refiner Terhadap Nilai Fluiditas Pada Ingot Aluminium-AC2B”, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Jakarta.

Jorstad, J.L., Rasmussen, W.M., 1993, Aluminum Casting Technology, American Foundrymen’s Society, Inc.

Gruzleski, J.E., Closset, B.M., 1980, The Treatment of Liquid Aluminum-Silicon Alloys, American Foundrymen’s Society, Inc.

Banga, T.R., Agarwal, R.L., Manghnani, T., 1981, Foundry Engineering, Khanna Publishers, Delhi.




Article Metrics

Abstract views : 883 | views : 1185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Material dan Teknologi Proses



Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada. Jalan Yacaranda, Sekip, Unit IV, Yogyakarta 55281.

Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) EBSCO