PENERAPAN METODE SIMPLEKS UNTUK OPTIMALISASI PENGGUNAAN FITUR TIKTOK LIVE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK HBI HIJAB

https://doi.org/10.22146/jmt.83190

Musyarofah Musyarofah(1*), Eva Fransiska(2)

(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan teknologi ditujukan untuk memudahkan kehidupan manusia sehari-hari, salah satu hasil dari dampak adanya kemajuan teknologi yakni, kemudahan melakukan transaksi jual beli dengan adanya fitur tambahan pada media sosial. Pada penelitian ini lebih difokuskan untuk mengetahui optimalisasi pemanfaatan fitur terbaru live media sosial TikTok untuk kegiatan komersial. Tujuan penelitian adalah mengetahui optimalisasi pengaruh TikTok LIVE untuk kegiatan komersial. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Permasalahan pada penelitian diselesaikan dengan model matematika persamaan linear dengan tiga variabel yang kemudian diselesaikan dengan metode simpleks. Melalui hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa keuntungan maksimal yang dapat diperoleh dari penjualan produk HBI Hijab yaitu Rp1.650.000 dengan memanfaatkan TikTok LIVE dalam sehari.

Full Text:

PDF Musyarofah


References

Alam, T. B., Megasari, A., Amalia, S. A., Maulani, G., Mahuda, I., Bangsa, U. B., Programming, L., & Simpleks, M. OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI MAKANAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN LINEAR MELALUI METODE SIMPLEKS. 1(2), 190–207, 2021.

Arrofi, A. Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua – Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-anak di Media Sosial Tik Tok. In Repository Universitas Diponegoro (Issue 2).

Asmara, T., Rahmawati, M., Aprilla, M., Harahap, E., & Darmawan, D. Strategi pembelajaran pemrograman linier menggunakan metode grafik dan simpleks. 506–514. 2018

Chen, Y., & Chang, S. The Effect of Influencer Influence on Recommendation Intention: Focused on TikTok Live Commerce in China. 2020

Dantzig, G. B. “Linear programming,” Oper. Res., vol. 50, no. 1, pp. 42–47. 2002.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner di Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). 2021.

Rahajeng, R. S. PENGARUH APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KABUPATEN MAGETAN. In REPOSITORY MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PONOROGO (Issue 8.5.2017). 2022.

Rumetna, M. S., Lina, T. N., Aponno, T., Palisoa, A., Singgir, F., Thenu, F., & Anggeluli, P. Penerapan Metode Simpleks Dan Software POM- QM Untuk Optimalisasi Hasil Penjualan Pentolan Bakso. 02(03), 143–149. 2018.

Setyawan, R. A., & Marzuki, Y. SURVEI APLIKASI VIDEO LIVE STREAMING DAN CHAT DI KALANGAN PELAJAR. 2018.

Sultana, N. Application Of the Two-Phase Simplex Method for Optimal Advertisement Decision: A Study on an E-commerce Company. 2016.

Susanto, L. Maximizing Daily Profits in Home Industry “NANDA JAYA” by Apply the Method Simplex. 2020.

Taha, H.A. Operations Research. Pearson Education, Inc., Fayetteville. 2003



DOI: https://doi.org/10.22146/jmt.83190

Article Metrics

Abstract views : 374 | views : 125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Copyright of Jurnal Matematika Thales ISSN 2715-1891 (Print).

Jumlah Kunjungan: View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JMT Indexed by: