PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN BERHITUNG ANAK MELALUI APLIKASI ZOOM

https://doi.org/10.22146/jmt.83179

Novita Sari(1*), Alfi Nurulrokhimah(2)

(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
(2) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman anak dalam pembelajaran yang diberikan secara online. Penelitian ini dilakukan pada subjek les yang berumur 5 tahun sebanyak 2 subjek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, think aloud, tes, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mampu memahami pembelajaran secara online dengan baik dan tidak menghambat subjek dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya. Hal ini dapat dilihat pada hasil dokumentasi berupa foto maupun video saat pembelajaran berlangsung dan lembar jawaban subjek.

Berdasarkan dokumentasi dan hasil tes soal berhitung subjek dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, hal ini ditunjukkan dari beberapa analisis selama Zoom, yaitu 1) subjek mampu menghitung soal penjumlahan dari 0 sampai 100; 2) subjek mampu menghitung soal pengurangan dari 100 sampai 0; 3) subjek mampu menghitung soal penjumlahan puluhan bersusun ke bawah; 4) subjek mampu menghitung soal pengurangan puluhan bersusun ke bawah; dan 5) subjek mampu menghitung berhitung maju dan mundur dengan lancar. Keberhasilan subjek dalam mengikuti pembelajaran online juga dibantu oleh guru dan orang tua di mana guru harus bekerja sama dengan orang tua. Berikut peran orang tua selama pembelajaran online berlangsung, yaitu: 1. aktif mengikuti perkembangan anak dan menanyakan kesulitan yang di alami anak; 2. mendukung permintaan guru terkait foto hasil pekerjaan anak (agar guru dapat melihat apakah yang ditulis oleh anak telah sesuai dengan yang dipelajari selama Zoom); dan 3. membantu mengawasi anak dalam mengerjakan soal latihan untuk di rumah.


Full Text:

PDF Novita


References

Haller, G., Chaos Near Resonance, in : Applied Mathematical Sciences, vol 138, Springer, New York, 1999.

Nayfeh, S. A. dan Nayfeh, A. H., Nonlinear Interaction between Two Widely Spaced Modes-external Excitation, Int. J. Bifurcat. Chaos 3 (1993), 417-427.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Rosda.

Purwanto dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.

Wulandari. (2018). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Kewirausahaan melalui Lesson Study Berbasis Pantai dan Laut. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), Vol. 5 No. 2.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmt.83179

Article Metrics

Abstract views : 196 | views : 57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Copyright of Jurnal Matematika Thales ISSN 2715-1891 (Print).

Jumlah Kunjungan: View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JMT Indexed by: