Analisis Minat belajar Siswa kelas XI MA Darut Tauhid dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar

https://doi.org/10.22146/jmt.80963

Raudatul Ihsan(1*)

(1) Universitas zainul hasan genggong
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa kelas XI MA Darut Tauhid Krejingan diminta untuk menyelesaikan perpangkatan dan bentuk akar, dan tujuan dari penelitian deskriptif kualitatif ini adalah untuk mengkaji jenis minat belajar siswa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan lembar wawancara dan soal tes uraian sebagai instrumen pengumpulan data. Pertama, validitas instrumen diperiksa. Dua puluh empat siswa dari kelas XI MA Darut Tauhid Krejingan berpartisipasi dalam penelitian ini. Memahami masalah, membuat rencana, menjalankan rencana, dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh adalah empat tahapan yang membentuk proses penyelesaian perpangkatan dan bentuk akar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki berbagai macam kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Macam-macam kesalahan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah yang didasarkan pada kesalahan prosedural dan konseptual: kesalahan dalam memahami masalah, kesalahan dalam perencanaan, kesalahan dalam melaksanakan rencana, dan kesalahan dalam memeriksa kembali solusi yang diperoleh.


Full Text:

PDF Ihsan


References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Ferdianto, F. Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 32-36.

Masroza, Fitria. 2013. Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se Kecamatan Pauh Padang. Diakses: 5 November 2015. Online: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=24454&val=1496.

Peranginangin & Edy. S. 2017. An Analysis of Students’ Mathematics Problem Solving Ability in VII Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). Volume 33, No 2, pp 57-67.

Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubugan dengan Persegi dan Persegipanjang Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Pada Kelas VII. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(1).

Lya, S. Pramesti, D. Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 223-236.

Malik, N. (2011). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Segiempat dengan Panduang Kriteria Polya. Skripsi UNNES Semarang. Tidak diterbitkan.

Polya, G. 1973. How to Solve it (New of Mathematical Method). Second Edition. New Jersey: Prince University Press.

Purnamasari, I. & Setiawan, W.(2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.

Widodo, Sri Adi. 2013. Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Hartinah, S. dan Ferdianto, F. 2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) 1 (1), 484-492



DOI: https://doi.org/10.22146/jmt.80963

Article Metrics

Abstract views : 30 | views : 19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Copyright of Jurnal Matematika Thales ISSN 2715-1891 (Print).

Jumlah Kunjungan: View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JMT Indexed by: