EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA PENSIUN MENGGUNAKAN METODE GROUP SELF ANNUITIZATION (GSA)

https://doi.org/10.22146/jmt.53187

Suci Rahmadani(1*), Danardono Danardono(2)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Harapan hidup masyarakat dunia terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hal ini dapat dilihat dari angka harapan hidup setiap negara. Berkaitan dengan peningkatan angka harapan hidup tersebut, terdapat beberapa sektor di dunia keuangan yang menghadapi beberapa masalah, salah satunya adalah perusahaan dana pensiun. Dampak yang dialami perusahaan dana pensiun adalah periode pembayaran manfaat pensiun yang melebihi waktu yang diekspektasikan. Oleh karena itu, pada tesis ini bertujuan untuk mengetahui cara pengelolaan dana pensiun menggunakan metode Group Self Annuitization (GSA). Model mortalita yang digunakan pada penelitian ini adalah model Lee-Carter dengan Singular Value Decomposition (SVD). Peramalan dilakukan untuk memperoleh $m_{x,t}, q_x$ untuk beberapa tahun ke depan. Selanjutnya akan dihitung total dana awal untuk dana pensiun, lalu akan dihitung nilai manfaat yang diperoleh oleh individu anggota dana pensiun tersebut. Perhitungan manfaat tahun selanjutnya dilakukan dengan mengalikan manfaat tahun sebelumnya dengan MEA_t dan IRA_t. Sehingga diperoleh serangkaian pembayaran manfaat. Berdasarkan hasil studi kasus, diperoleh bahwa perhitungan manfaat dengan metode GSA bersifat dinamis, sedangkan pada metode iuran pasti manfaat yang diperoleh tetap setiap tahunnya.

Full Text:

PDF Rahmadani


References

Aitken, William.H, A Problem Solving Approach to Pension Funding and Valuation, Actex Publication, Connecticut, 1994.

Bowers, Newton L., Actuarial Mathematics Second Edition, The Society of Actuaries, United States of America, 1997.

Piggot, Valdez dan Detzel, The Simple Analytics of a Pooled Annuity Fund, The Journal of Risk and Insurance, vol. 72 (3), pp. 497-520, 2005.

Lee, R.D., Carter, L.R., Modeling and forecasting US mortality, Journal of the American Statistical Association ,87, 659–675, 1992.

Qiao, C., Sherris, M., Managing Systematic Mortality Risk with Group Self Pooling and Annuitisation Schemes, The Journal of Risk and Insurance, vol. 80, pp. 949-974, 2013.

inkle Winklevoss, H. E., Pension Mathematics with Numerical Illustrations, 2nd edition. Pension Research Council of the Wharton School of the University of Pennsylvania, United States of America, 19933.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmt.53187

Article Metrics

Abstract views : 27 | views : 15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Copyright of Jurnal Matematika Thales ISSN 2715-1891 (Print).

Jumlah Kunjungan: View My Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JMT Indexed by: