Pengaruh Kecepatan Punch Terhadap Kedalaman Penetrasi dan Cacat Hasil Micro Deep Drawing dengan Sistem Pneumatik pada Material Aluminium AA1100

https://doi.org/10.22146/jmdt.53773

Muhammad Habibi(1*), Muslim Mahardika(2)

(1) Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Jl. Grafika No. 2, Yogyakarta 55281, Indonesia
(2) Centre for Innovation of Medical Equipment and Devices (CIMEDs), Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika No. 2, Yogyakarta 55281, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses produksi dengan micro deep drawing menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk pembuatan komponen dengan bentuk yang kompleks. Akan tetapi semakin kecil dimensi komponen semakin sulit process manufakturnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecepatan punch terhadap kedalaman penetrasi dan cacat produk hasil micro deep drawing. Material yang digunakan pada penelitian ini adalah aluminium AA1100 ketebalan 250 µm. Parameter yang diperhatikan pada penelitian ini adalah pengaruh kecepatan punch dan tekanan terhadap kedalaman penetrasi dan cacat yang timbul pada produk hasil micro deep drawing. Parameter yang digunakan adalah kecepatan dari punch sebesar 10, 20 dan 30 mm/s serta tekanan kompresor 3, 4 dan 5 bar. Dari hasil-hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kedalaman cup dan cacat pada cup hasil micro deep drawing dipengaruhi oleh kecepatan dan tekanan punch, seperti yang terlihat bahwa penambahan ketinggian cup terjadi pada setiap peningkatan kecepatan dan tekanan punch. Hal ini disebabkan oleh perubahan energi yang dihasilkan saat kecepatan dan tekanan yang dinaikkan sehingga berpengaruh pada kedalaman dan cacat tearing dan wrinkling pada cup. Parameter kecepatan punch dan tekanan kompresor sangat penting diperhatikan dalam proses micro deep drawing dengan sistem pneumatik.


Keywords


micro deep drawing, microforming, micro cup, micro punch.

Full Text:

PDF


References

Amit, B.,2018, Mecanical properties and working of metals and alloys, Springer Nature Singapore, Singapore.

Brabie, G., Costache, E, M., Nanu, N dan Chirita, B., 2013, Prediction and minimisation of sheet thickness variation during deep drawing of micro/milli part, International Journal of Mechanical Sciences, Vasile Alecsandri, University of bacau, Romania.

Frank, V dan Zhengyu, H, 2010, Analysis of punch velocity dependent process window in micro deep drawing, German Academic Society for Production Engineering, Bremen, Germany.

Geiger, M., Kleiner, M., Eckstein., Tlesler, N dan Engel, U., 2002, Microforming, Journal of Materials Processing Technology, Dortmund, Germany.

Groover, M.P., 2010, Fundamentals of Modern Manufacturing: materials, processes, and systems, ed.4 , John Wiley & Sons, Inc, United States.

Guo. N., Suna. C.Y., Fub. M.W., 2017, Size effect affected deformation characteristicsin micro deep drawing of TWIP domed-bottom cups, International Conference on the Technology of Plasticity, Cambridge, United Kingdom.

Hanna, W., Zhenyu, H., dan Frank, V., 2012, Influence of Punch Velocity on Spring Back in Micro Forming, Trans Tech Publications, Switzerland.

Luo, L., Jiang, Z., Wei, D., Manabe, K, dan Sato, H., 2015, Experimental and numerical study of micro deep drawing. MATEC Web of Conferences, Australia.

Wang C.J.,, Guo B., Shan D.B., 2009., Effect of die cavity dimension on micro U deep drawing behaviour with T2 foil, Transaction of Nonferrous Metals Society of China.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmdt.53773

Article Metrics

Abstract views : 1047 | views : 1640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.