Investigasi Mode Shape akibat Flow Induced Vibration pada pipa sebagai fungsi Pola Aliran dan Jenis Tumpuan

https://doi.org/10.22146/jmdt.46796

I Made Miasa(1), Sucipto Sucipto(2), Ardi Wiranata(3*), Syafiqri Alfarizki(4), Nur Cholis Majid(5)

(1) Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
(4) Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
(5) Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem perpipaan sangat penting di dunia industri, khususnya industri yang berkaitan dengan fluida seperti industi minyak dan gas. Beberapa gangguan dalam suatu proses produksi atau distribusi sering terjadi akibat adanya permasalahan dalam sistem perpipaan. Salah satu masalah serius di dalam sistem perpipaan adalah getaran akibat aliran dari fluida (flow-induced vibration). Masalah getaran ini bila tidak ditangani secara benar akan menyebabkan kerusakan pada struktur sistem perpipaan dan komponen-komponen yang terkait seperti pompa atau mesin-mesin fluida lainnya. Pada penelitian ini, pengaruh dari karakteristik fluida dan jenis tumpuan pada pola getar (mode shape) akan diinvestigasi secara eksperimental. Karakteristik fluida dinyatakan dalam fraksi udara dan cairan. Dua jenis tumpuan pipa yaitu simply supported dan clamped supported secara detail diinvestigasi. Mode shape dari getaran pipa yang terjadi diukur sebagai fungsi dari karakteristik fluida dan jenis tumpuan. Hasil pengukuran secara eksperimental selanjutnya dibandingkan dengan hasil simulasi yang dilakukan dengan Finite Element Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa clamped support membuat pipa bergetar dengan frekuensi yang lebih tinggi, sedangkan aliran fluida dengan fraksi cairan yang lebih tinggi memberikan level getaran yang lebih tinggi.


Full Text:

PDF


References

Faal, R. T., and Derakhshan, D., 2011, “Flow- Induced Vibration of Pipeline on Elastic Support”, Procedia Engineering 14, 2986- 2993.

Hambric, S. A., Boger, D. A., Fahnline, J. B. and Campbell, R. L., 2010, “Structure- and fluid-borne acoustic power sources induced by turbulent flow in 90° piping elbows”, Journal of Fluids and Stuctures 26, 121-147.

Miasa, I. M., Purwanto, T. P. and Erliandy, L., 2010, “Vibration and reliability of synthesis gas compressors (A case study in PKT-Kaltim Indonesia)”, Proceedings of the 20th International Congress on Acoustics, Sydney, Australia.

Paidoussis, M. P., 2006. “Real life experiences with flow-induced vibration”, Journal of Fluids and Structures 22, 741- 755.

Yakut, K. and Sahin, B., 2004, “Flow–induced vibration analysis of conical rings used for heat transfer enhancement in heat exchangers”, Applied Energy 78, 273-288.

Zhang. M. M., Katz, J. and Prosperetti, A., 2010, “Enhancement of channel wall vibration due to acoustic excitation of an internal bubbly flow”, Journal of Fluids and Structures 26, 994-1017.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmdt.46796

Article Metrics

Abstract views : 1879 | views : 1334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.