Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Generasi Millennial Dan Budaya Sekolah Terhadap Ketahanan Individu (Studi Di SMA Negeri 39, Cijantung, Jakarta)
Heru Dwi Wahana(1*)
(1) Markas Besar Angkatan Darat
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRACT
This research aimed to knew characteristic of Generasi Millennial’s cultural values, cultural values infl uence Generasi Millennial and school culture to individual resilience in Country HIGHSCHOOL 39 Cijantungs Jakarta.Beside it was also to knew cultural correlation and values variable contribution Generasi Millennial and school culture variable to individual resilience.The result of research showed cultural values Generasi Millennial at high category, school culture at high category, and so do individual resilience at high category. Research also found that cultural values Generasi Millennial and school culture joinly (simultan) had strong correlation, positive and signifi can to individual resilience.And so do, cultural values of Generasi Millennial and school culture had signifi can infl uence to individual resilience,either independent and also along with (simultan).
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik nilai-nilai budaya Generasi Millennial, pengaruh nilai-nilai budaya Generasi Millennial dan budaya sekolah terhadap ketahanan individu di SMA Negeri 39 Cijantung Jakarta.Disamping itu juga untuk mengetahui korelasi dan sumbangan variabel nilai-nilai budaya Generasi Millennial dan variabel budaya sekolah terhadap ketahanan individu. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai budaya Generasi Millennial berada pada kategori tinggi, budaya sekolah pada kategori tinggi, demikian juga ketahanan individu pada kategori tinggi. Penelitian juga menemukan bahwa nilai-nilai budaya Generasi Millennial dan budaya sekolah secara bersama-sama (simultan) memiliki korelasi yang kuat, positif dan signifi can terhadap ketahanan individu. Demikian juga, Nilai-nilai budaya Generasi Millennial dan budaya sekolah memiliki pengaruh yang signifi can terhadap ketahanan individu, baik berdiri sendiri maupun bersama-sama (simultan).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daradjat, Zakiyah. (1982). Pendidikan Agama Dalam Pendidikan Mental, Cet. ke-4. Jakarta: Cv. Bulan Bintang.
Djahiri, A.K. (2006). “Esensi Pendidikan Nilai Moral dan Pendidikan kewarganegaraan di Era Globalisasi,” Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan , B a n d u n g : Laboratorium Pkn FPIPS UPI.
Naisbitt, John. Et. All. 2002. High Tech High Touch. Jakarta: Pustaka Mizan.
Severin, W. J and Tankard, J.W. (2005). Communication Theoris, methods & Uses in The Massa
Soedarsono, Soemarno. (2009). Karakter Mengantar Bangsa Dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: PT Elex Media Komputindo,
Zuhal. 2000. Visi Iptek Memasuki Milenium III. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)
Internet:
(http://antioksidian.blogspot.com/2012/04/ pengaruh-teknologi-informasi-dalam. html)
(http: // marketing.co.id)
DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.6890
Article Metrics
Abstract views : 52312 | views : 34192Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Heru Dwi Wahana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats