Strategi Transformasi Sosial Komunitas Prenjak Tapak dalam Penguatan Ecological Citizenship Terhadap Ketahanan Lingkungan Daerah Kota Semarang

https://doi.org/10.22146/jkn.68756

Shoim Mardiyah(1*), Darto Wahidin(2), Kaelan Kaelan(3), Armaidy Armawi(4)

(1) Alumni Penerima Beasiswa LPDP PK-126
(2) Peneliti Ketahanan Nasional, Indonesia
(3) Universitas Gadjah Mada, Indonesia
(4) Universitas Gadjah Mada, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Ecological citizenship sebagai bentuk pemahaman dan implementasi keterlibatan warga negara dalam menjaga lingkungan hidupnya tidak akan terwujud tanpa adanya transformasi sosial yang mengawali. Penguatan ecological citizenship sejatinya sangat diperlukan demi mendukung terwujudnya suatu ketahanan lingkungan daerah. Penelitian ini dilakukan di Dusun Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan bentuk data yang bersifat deskriptif. Informan ditentukan secara purposive sampling yang dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, focus group discussion (FGD), dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya strategi yang dilakukan Komunitas Prenjak Tapak untuk mentransformasi masyarakat sekitar. Transformasi yang terjadi selama ini berbentuk transformasi lingkungan dan transformasi mindset masyarakatnya. Saat ini Komunitas Prenjak Tapak tengah menghadapi para investor yang akan menanamkan investasinya di lahan sekitar area konservasi mangrove. Adapun kepedulian Pemerintah Daerah Kota Semarang saat ini lebih memihak kepada para investor. Padahal mangrove sangat dibutuhkan untuk memperkuat ketahanan lingkungan Kota Semarang yang telah dikenal dengan banjir robnya setiap tahunnya

Keywords


Ecological Citizenship; Ketahanan Lingkungan; Transformasi

Full Text:

PDF


References

Ardiyansyah, N., Saryani & Muhamad, 2019. Peran Organisasi Pemuda Dalam Pengembangan Ekowisata Kawasan Mangrove Guna Mewujudkan Ketahanan Lingkungan (Studi pada Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B) Di Dusun Baros, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, Volume Vol.25, pp. 226-252.

Creswell, J. W., 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ellya, 2015. Promosikan Wisata Mangrove, Warga Tapak Gelar Tour Ekoeduwisata Mangrove. [Online]
Available at: http://beritajateng.net/promosikan-wisata-mangrove-warga-tapak- gelar-tour-ekoeduwisata-mangrove/

Feriyansyah, Iqbal, M. & Simarmata, J., 2019. Kewarganegaraan Digital (Warga Digital dalam Kepungan Hiperkoneksi). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Fitriyani, 2015. Peran Pemuda dalam Mengembangkan Eco Edu Wisata Mangrove dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Lingkungan Daerah (Studi pada Perkumpulan Pemuda Peduli Lingkungan “Prenjak” Dusun Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, Volume Vol.21 No.2, pp. 128-141.

Indraddin, I., 2016. Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Deepublish.

Jannah, R., 2018. Menciptakan Kewarganegaraan Ekologis di Era Digital melalui Kampoeng Recycle Jember. Journal of Urban Sociology, Volume Vol.1 No.2, pp. 14-26.

Karokaro, A. S., 2020. Hutan Mangrove, Pelindung yang Terancam dan Terabaikan. [Online]
Available at: https://www.mongabay.co.id/2020/07/30/hutan-mangrove- pelindung-yang-terancam-dan-terabaikan/

Kartodihardjo, H., 2017. Mengurai Sengkarut Bencana Lingkungan (Refleksi Jurnalisme Lingkungan dan Deep Ecology di Indonesia). Malang: UMM Press.

Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2021. Jumlah Pulau. [Online]
Available at: https://kkp.go.id/djprl/p4k/page/4270-jumlah-pulau

Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2021. Kondisi Mangrove di Indonesia. [Online]
Available at: https://kkp.go.id/djprl/p4k/page/4284-kondisi-mangrove-di- indonesia

Marfai, M. A., 2019. Pengantar Etika Lingkungan dan Kearifan Lokal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Martono, N., 2014. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Neolaka, A., 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, D. A. & Suharno, 2017. Strategi Pemerintah Daerah dalam Upaya Penguatan Ecological Citizenship pada Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal PKn Progresif, Volume Vol. 12 No. 2, pp. 663-674.

Nugroho, I. A., Triyanto & Rejekiningsih, T., 2017. Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Adiwiyata dalam Pelaksanaan Ecological Citizenship (Studi di SMA Negeri 4 Surakarta). Jurnal PKn Progresif, Volume Vol.12 No.2, pp. 634-648.

Nurmayanti, I., 2017. Strategi Yayasan Mangrove Center Tuban dalam Mengembangkan Ecological Citizenship pada Masyarakat Tuban. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Volume Vol. 05 No. 02..

PPID Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2018. Menteri LHK Minta Program Adiwiyata Menjadi Gerakan Nasional. [Online]
Available at: http://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/1711

Safitri, P. A. & Pragesari, N. N., 2020. Statistik Sumber Daya Laut dan Pesisir 2020 (Perubahan Iklim di Wilayah Pesisir). Jakarta: BPS RI/BPS – Statistics Indonesia.

Saputra, S. & Ngii, E., 2020. Pengelolaan Wilayah Pesisir yang Terpadu untuk Ketahanan Nasional. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sari, S. C., Samsuri & Wahidin, D., 2020. Penguatan Kewarganegaraan Ekologis Untuk Mewujudkan Ketahanan Lingkungan (Studi di Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, Volume Vol. 26, pp. 87-107.

Saru, A., 2014. Potensi Ekologis dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Wilayah Pesisir. Bogor: IPB Press.

Soemarno, 2012. Kompendium Ketahanan Lingkungan Hidup, PSLP-PPSUB. [Online]
Available at: http://marno.lecture.ub.ac.id/author/marno/page/92

Suryono, A., 2019. Teori dan Strategi Perubahan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Umu, F., 2018. Menjadi Anak Muda Pelestari Mangrove, Kenapa Tidak?. [Online]
Available at: https://inibaru.id/hits/prenjak-tapak-dan-go-action-aksi-pemuda- pelestari-mangrove

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, 2015. Menangih Janji Menuntut Perubahan. [Online]
Available at: www.walhi.or.id/wp-content/uploads/2015/01/OutLook- 2015_Final.pdf

Winarno, 2019. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Bumi Aksara.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.68756

Article Metrics

Abstract views : 1321 | views : 1274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Shoim Mardiyah, Darto Wahidin, Kaelan Kaelan, Armaidy Armawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats