Pengaruh Praktik Belajar Kewarganegaraan Berbasis Media Massa Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa

https://doi.org/10.22146/jkn.35318

Dian Eka Putri(1*), Mukhamad Murdiono(2)

(1) Program Pascasarjana PPKn Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

 

This study was aimed at determining the influence of project citizen based on mass media on student’s critical thinking skills, and the implication towards student’s personal resilient in second grade of Senior High School 4 Surakarta, Central Java.

This research was a quasi experimental study with pretest-posttest control group design. This research was conducted in class XI semester 2 at Senior High School 4 Surakarta, Central Java in the academic year 2017/2018. The research population was all of second grade student’s in Senior High School 4 Surakarta, Central Java. Sampling was taken by simple random sampling technique. This study used one experiment group and one control group. Data collection was done through pretest, posttest, questionnaire, and observation. The research instruments in this research were test and non test instruments. The data analysis technique used multivariate analysis of variance manova test using SPSS 22.0.

The result of this research showed that  there was significant influence of project citizen model based on mass media on student’s critical thinking skills with significance of 0.033 ≤ 0.05. The equal 0.033 with positive signs indicated the positive direction (accordance), meaning that the better implementation of project citizen model based on mass media, the better also student’s critical thinking skills. Critical thinking skills that showed a positive direction have implications towards student's personal resilience. The critical thinking skills that students possess were essentially clear or logical thinking and actually look deeply at relevant concepts by exploring things like the fundamental problem. In the process of critical thinking, all things are considered to be contemplated, thought out, and then concluded logically and clearly. It is a high-level thinking skill that becomes student's personal resilience as a young citizen in order to analyze problem solving

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik belajar kewarganegaraan berbasis media massa terhadap keterampilan berpikir kritis dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Surakarta, Jawa Tengah.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI semester 2 di SMA Negeri 4 Surakarta, Jawa Tengah tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI di SMA N 4 Surakarta, Jawa Tengah. Teknik pemilihan sampel yaitu teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan pada satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan cara pretest, posttest, kuesioner, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis multivariat varian menggunakan program SPSS 22.0.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan positif dari model praktik belajar kewarganegaraan berbasis media massa terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan signifikansi sebesar 0,033 ≤ 0,05. Angka 0,033 bertanda positif menunjukkan arah positif (searah), artinya bahwa semakin baik penerapan praktik belajar kewarganegaraan berbasis media massa maka semakin baik pula keterampilan berpikir kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis yang menunjukkan arah positif (searah) berimplikasi terhadap ketahanan pribadi siswa. Keterampilan berpikir kritis yang dimiliki siswa merupakan pemikiran secara jelas atau logis dan benar-benar melihat secara mendalam terhadap berbagai konsep yang relevan dengan mengeksplorasi hal-hal seperti masalah yang mendasar. Dalam proses berpikir kritis, semua hal dipertimbangkan untuk direnungkan, dipikirkan, kemudian disimpulkan secara logis dan jelas. Hal ini merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang menjadi ketahanan pribadi siswa dalam rangka analisis penyelesaian masalah.

 


Keywords


Praktik Belajar Kewarganegaraan; Media Massa; Keterampilan Berpikir Kritis; Ketahanan Pribadi

Full Text:

PDF


References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 2017, Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia, Jakarta: Teknopreuner Indonesia.

Atabaki, A,M,S, Keshtiaray, N & Yarmohammadian, M,H, 2015, ‘Scrutiny of critical thinking concept’, International Education Studies, vol. 8, no. 3, hh. 93-102.

Budimansyah, Dasim, 2009, Inovasi pembelajaran project citizen, Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Sekolah Pascasarjana UPI.

Bungin, Burhan, 2006, Sosiologi komunikasi teori, paradigma, dan diskursus teknologi komunikasi di masyarakat, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Cogan, J.J & Derricott, R, 1998, Citizenship for the 21st century: an international perspective on education, London: Kogan Page Limited.

Fajar, Arnie, 2005, Portofolio dalam pembelajaran IPS, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ferry, R.P.P.S, 2014, ‘Kajian peran media massa dan pengaruhnya bagi remaja’, Jurnal Pengembangan Humaniora, vol. 14, no. 1, hh. 33-44.

Fisher, Alec, 2009, Berpikir kritis sebuah pengantar, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hamidi, Jazim & Lutfi, Mustafa, 2010, Civic education antara realitas politik dan implementasi hukumnya, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jayadiputra, Eka, 2015, ’Model project citizen dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa’, Jurnal Ilmiah Cisoc: Kajian Kampus Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, hh. 11-20. http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/index.

Kaelan, 2012, ’Membangun karakter guru menjadi smart and good citizen’, Jurnal PKn Progresif, vol. 7, no. 1, hh. 63-84.

Kerr, David, 1999, Citizenship education: an international comparison, London: Quality Curriculum Association.

Kolyada, M., Bugayeva, T., & Kapranov, G. (2016). Energizing students in class on the basis of positional training model. The New Educational Review, 43(1), 78-91. DOI: 10.15804/tner.2016.43.1.06

Liou, Show-Mann, 2004, ’The effect of we the people…project citizen on the civic skills and dispositions of Taiwanase senior high school student’, Journal of Taiwan Normal University: Education, vol. 49, no. 1, hh. 63-90. http://jories.ntnu.edu.tw/jres/.

Luqman, 2017, ’Penerapan model pembelajaran project citizen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa’, Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 1, hh. 44-59.

Nusarastriya, Y.H, Sapriya, H, Wahab, A.A & Budimansyah, Dasim, 2013, ’Pengembangan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan project citizen’, Cakrawala Pendidikan, vol. 32, no. 3, hh. 444-449. https://journal.uny.ac.id/ index.php/cp/index.

Pingul, F.S, 2015, ’Measuring the impact of a supplemental civic education program on students’ civic attitude and efficacy beliefs’, Journal of Education and Training Studies, vol. 3, no. 2, hh. 61-69. http://dx.doi.org/10.11114/jets.v3i2.600.

Raharjo, Armawi, Armaidy & Soerjo, Djoko, 2017, ‘Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia Pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu Di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah)’, Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 23, no. 2, Agustus 2017, hh.175-198.

Soedarsono, S, 1997, Ketahanan Pribadi dan Ketahanan Keluarga Sebagai Tumpuan Ketahanan Nasional, Jakarta: PT Intermasa.

Sunardi, 1997, Teori Ketahanan Nasional, Jakarta: Hastannas.

Suwignyo, Agus & Yuliantri, Rhoma Dwi Aria, 2018, ‘Praktik Kewargaan Sehari-hari Sebagai Ketahanan Sosial Masyarakat Tahun 1950-an (Sebuah Tinjauan Sejarah)’, Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 24, no.1, April 2018, hh. 94-116.

Vontz, T.S, Metcalf, K.K & Patrick, J.J, 2000, “Project Citizen” and the civic development of adolescent students in Indiana, Latvia, and Lithuania, Bloomington IN: ERIC Clearinghouse for Social Studies/Social Science Education.

Wahab, A.A & Sapriya, 2008, Teori dan landasan pendidikan kewarganegaraan, Bandung: UPI Press Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahana, Heru Dwi, 2015, ‘Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Generasi Millennial Dan Budaya Sekolah Terhadap Ketahanan Individu (Studi Di SMA Negeri 39, Cijantung, Jakarta)’, Jurnal Ketahanan Nasional, Nomor XXI, Volume 1, April 2015, hh. 14-22.

Widayanti, Windy Kartika Putri, Armawi, Armaidy & Andayani, Budi, 2018, ‘Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan SMA Umum Di Luar Lingkungan Militer Di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah)’, Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 24, no.1, April 2018, hh. 1-26.

Winataputra, Udin & Budimansyah, Dasim, 2012, Pendidikan kewarganegaraan dalam perspektif internasional (konteks, teori, dan profil pembelajaran), Bandung: Widya Aksara Press.

Peraturan Perundangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.35318

Article Metrics

Abstract views : 3406 | views : 2466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Dian Eka Putri, Mukhamad Murdiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats