Modal, Sosial Pertanian Dan Ketahanan Pangan

https://doi.org/10.22146/jkn.22306

Armaidy Armawi Amiruddin Kateren(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan masyarakat pada dasarnya bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan. Pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya mampu membangun berbagai fasilitas yang bersifat materi tetapi juga sekaligus mampu membangun manusia sebagai objek pembangunan tersebut. Salah satu contoh nyata pembangunan tersebut adalah pembangunan di sektor pertanian yang dilakukan dilakukan di awal tahun 1970-an yang dikenal dengan revolusi hijau (green revolution). Banyak kajian dan penelitian telah dilakukan untuk melihat praktik revolusi hijau yang dilaksa­nakan di Indonesia tersebut. Pembangunan pertanian dengan revolusi hijau (green revolution) dilakukan dengan cara memodernisasi pertanian rakyat yang mengacu pada pro­gram intensifikasi pertanian tanaman pangan. Program ini memperkenalkan beberapa teknologi baru dalam teknik pertanian yang telah diterapkan sebelumnya di negara­negara Amerika Latin dan Asia (Tjondronegoro, 1998:282). Di Indonesia, berbagai kebijakan untuk meningkatkan peran pertanian dalam pembangunan nasional tertuang dalam berbagai kebijakan yang ditempuh pemerintah. Salah satunya yang terpenting adalah tentang program Bimas, Inmas, Insus, Supra Insus.


Full Text:

PDF


References

Andoko, Agus. 2005. Budi Daya Padi secara Organik. Cetakan ke III. Penebar Swadaya. Jakarta.

AR. Hanani, Nuhfil. 2003. Strate¬gi Pembangunan Pertanian: Sebuah Pemikiran Baru. Lap¬pera Pustaka Utama. Ban¬tul-Yogyakarta.

Arifin, Bustanul. 2004. Analisis Ekonomi Pertanian Indonesia. Penerbit Buku Kompas. Ja¬karta.

Baiquni, M. 2008. Pengelolaan Sumberdaya Pedesaan dalam Konteks Dinamika Lokal dan Perubahan Global (dalam Su¬harman, 2008. Bunga Rampai Pemikiran Pedesaan 2002 - 2008). Seri Warta Pedesaan. PSPK UGM. Yogyakarta.

Cernea, Michael. 1989. Moder¬nisasi dan Potensi Pemba¬ngunan Organisasi Petani Je¬lata Tradisional. (Dalam Ot¬tir, Mustafa 0; Holzner, Bur- kart; Suda, Znedek. 1989. Sosiologi Modernisasi: Te¬laah Kritis Tentang Teori, Riset dan Realitas). PT Tiara Wacana, Yogyakarta.

Field, John. 2010. Modal Sosial. Kreasi Wacana. Yogyakarta.

Geertz, Clifford, 1986. Mojokuto: Dinamika Sosial Sebuah Kota di Jawa. Terjemahan: Grafiti Pers. PT. Temprint, Jakarta.

Scott, James C. 1981. Moral Ekonomi Petani: Pergolakan dan Subsistensi di Asia Teng¬gara. LP3ES. Jakarta.

Sutanto, Rachman. 2002. Perta¬nian Organik: Menuju Perta¬nian Alternatif dan Berkelan¬jutan. Penerbit Kanisius. Yog¬yakarta.

. 2005. Tantangan Global

Menghadapi Kerawanan Pa¬ngan dan Peranan Pengeta¬huan Tradisional dalam Pem¬bangunan Pertanian. (dalam Wahono, Francis. Widyan¬ta, AB & Kusumajati, Titus O (ed). 2005. Pangan, Ke¬arifan Lokal dan Keanekara¬gaman Hayati.). Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas. Yogyakarta.

Tjondronegoro, Sediono M.P. 1998. Keping-Keping Sosiolo¬gi dari Pedesaan dalam Revo¬lusi hijau dan Perubahan So¬sial di Pedesaan Jawa. Direk¬torat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendi¬dikan dan Kebudayaan. Ja¬karta.

Uphoff, Norman. 1986. Local Ins¬titutional Development: An Analytical Sourcebook With Cases. Kumarian Press. Ru¬ral Development Con-tmittee Cornell University.

Maksum, Muhammad. 2009. Ketahanan Pangan: Baru Minimal Standar Pelayanan bagi Kesejahteraan Sosial. Dalam Seminar Nasional: Kesejahteraan (Sosial) Mini¬mal, 17 Desember 2009. Dies Natalis UGM ke-60, Yogyakarta.

Mangkuprawira, Sjafii. Majalah Bangkit Tani Edisi Novem¬ber 2009

Nurhadi, Sandi. 2010. Strategi Pengembangan Ketahanan Pangan (Studi di Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Is¬timewa Yogyakarta). Prog¬ram Studi Ketahanan Na¬sional. Pascasarjana Univer¬sitas Gadjah Mada.

Purnawijayanti, F. Mei 2009. Ja¬ngan Biarkan Dewi Sri Pergi. Kompos No. 3 tahtm I. Pus¬taka Cindelaras Paritrana. Yogyakarta.

UU RI No.7 Tahun 1996 Tentang Pangan



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.22306

Article Metrics

Abstract views : 3939 | views : 1665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Armaidy Armawi Amiruddin Kateren

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats