Pola Komunikasi Budaya Antaretnis Di Indonesia

https://doi.org/10.22146/jkn.22100

Heddy Shrii Ahimsa Putra(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagaimana telah kita ketahui, komunikasi -apa pun definisi kita untuk istilah asing ini- merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tanpa komunikasi sulit kita bayangkan bahwa akan ada kehidupan manusia berupa masyarakat, atau akan muncul kebudayaan dan peradaban sebagaimana kita kenal sekarang. Di lain pihak komunikasi itu sendiri juga berlangsung dalam kerangka suatu sistem budaya tertentu, dan karena itu sangat dipengaruhi oleh kebudayaan tempat proses komunikasi tersebut berlangsung (cf.Hall and Whyte,1966).

Sebagai proses yang terjadi berulangkali, komunikasi dengan sendirinya akan memiliki pola tertentu, dan pola komunikasi dengan menggunakan sa-rana tertentu dapat berbeda antara budaya satu dengan budaya yang lain. Adanya pola dan sarana komunikasi yang berbeda antara budaya satu dengan yang lain tentu akan menimbulkan masalah tersendiri ketika pendukung ke-budayaan yang berlainan bertemu dan berusaha untuk melakukan komuni­kasi (Leach, 1976). Ketidaktahuan salah satu pihak tentang budaya pihak yang lain akan dapat menimbulkan salah faham, yang pada akhirnya dapat menja-di salah satu pemicu terjadinya konflik an tar pendukung kebudayaan atau antarkelompok, komunitas, atau suku.


Full Text:

PDF


References

Cassirer, E., 1945, An Essay on Man. Yale: Yale Universi¬ty ress.

,E.C., 1966, "The Communica¬tion of Information" dalam Communication and Culture, A.G. Smith (ed). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Saussure, F., 1959, Course in Ge¬neral Linguistics. New York: MacMillan.

Geertz, C., 1973, The Interpreta¬tion ofCultures. New York: Basic Books.

Hall, E.T. dan W.F. Whyte, 1966, "Intercultural Communi¬cation: A Guide to Men of Action" dalam Communi¬cation and Culture, A.G. Smith (ed). New York: Holt, Rinehart and Win¬ston.

Keesing, R., 1992, Antropologi Budaya: Suatu Perspektif Kontempore:'. Terj. S. Gunawan. Jakarta: Air¬langga.

Leach, E.R., 1976, Culture and Communication. Cam¬bridge: Cambridge Uni¬versity Press.

, F.G., 1966, "The Varieties of Meaning" dalam Commu¬nication and Culture, A.G. Smith(ed). New York: Holt, Rinehart and Win¬ston.

, L. and A. Strauss, 1966, "Social Class and Mode of Com¬munication" dalam Com¬munication and Culture, A.G. Smith (ed). New York: Holt, Rinehart and Winston.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.22100

Article Metrics

Abstract views : 6180 | views : 2950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Heddy Shrii Ahimsa Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats