Peningkatan Peran Kepolisian Dalam Pemeliharaan Dan Pembinaan Keamanan Dalam Negeri

https://doi.org/10.22146/jkn.19173

Koesparmo Irsan(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan Kamtibmas, khususnya kriminalitas, mempunyai latar belakang yang luas dan kompleks serta senantiasa berkembang seirama dengan perkembangan kehidupan masyarakat. Meningkatnya laju pembangunan dewasa ini, selain telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ternyata telah berakibat samping­an yang negatif, yaitu tumbuhnya masalah-masalah sosial barn yang pada akhir­nya menjurus kepada bentuk-bentuk gangguan Kamtibmas dan kriminalitas.

Sejalan dengan perkembangan pembangunan nasional tersebut, serta hasil dari intelektualisasi dan spesialisasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah pula dimanfaatkan dalam perbuatan kriminalitas-kriminalitas dewasa iniyang tidak hanya merupakan pelanggaran-pelanggaran peraturan pidana yang termuat dalam KUHP saja, tetapi juga berbagai perundangan-undangan di luar KUHP. Misalnya pelanggaran terhadap Undang-undang tentang tindak pidana ekonomi, merek, hak cipta, paten, wajib daftar perusahaan, perbankan, industri, pengelolaan lingkung­an hidup, ketenagakerjaan, perpajakan dan lain sebagainya.

Dalam dunia kriminologi, kriminalitas yang erat dengan kehidupan ekonomi dan bisnis disebut sebagai corporate crime atau kejahatan korporasi. Kejahatan korporasi ini merupakan salah satu bentuk kejahatan berdimensi barn (the new dimension of crime). Bentuk kejahatan berdimensi lainnya dikenal dengan istilah white collar crime, computer crime, international crime dan lain sebagainya.

Kejahatan korporasi pada saat ini bukan saja cenderung meningkat,. namun juga akibat yang ditimbulkananya dapat mengganggu program pemerintah di bidang ekonomi serta sistem ekonomi nasional yang bersendikan pasal 33 UUD 1945. Selain itu, pembuktian suatu kejahatan korporasi sangat sulit, bahkan seolah­olah kejahatan yang clilakukan itu bersembunyi di balik peraturan-peraturan yang berlaku.


Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.19173

Article Metrics

Abstract views : 5603 | views : 2550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Koesparmo Irsan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats