Upaya Indonesia Menciptakan Ketahanan Regional: Studi Kasus Konflik Laut Cina Selatan

https://doi.org/10.22146/jkn.19170

Ichlasul Amal(1*), Samsu Rizal Panggabean(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada tahun 1996, Indonesia kembali menyelenggarakan lokakarya mengenai pengelolaan pot ensi konflik di Laut Cina Selatan. Lokakarya yang berlangsung di Batam, Riau, itu diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Luar Negeri Indonesia dan merupakan yang ketujuh kalinya. Loka­karya-lokakarya sebelumnya diadakan di Balikpapan (1995), Bukittinggi (1994), Surabaya (1993), Yogyakarta (1992), Bandung (1991) dan Denpasar (1990).

Tulisan ini mengkaji peran Indonesia sebagai pihak ketiga dalam konflik di Laut Cina Selatan, salah satu konflik utama yang masih berlangsung di Asia Tenggara. Konflik ini dianggap sebagai salah satu masalah keamanan terpenting di kawasan yang sangat mementingkan pembangunan dan kerjasama ekonomi. Bagi negara-negara di kawasan, konflik tersebut menimbulkan ketidakamanan karena ketidakpastian batas-batas maritim yang, jika tidak dikelola dengan tepat, dapat mengarah ke konfrontasi militer. Untuk memahami peran Indonesia sebagai pihak ketiga dalam pertikaian, tulisan ini akan mendekati persoalannya dari perspektif studi-studi mediasi.




References

Bercovitch, Jacob, Social Conflicts and Third Parties. Strategies of Conflict Resolution. Boulder: Westview Press, 1984.

Haas, Michael, The Asian Way to Peace. A Story of Regional Co¬operation. Westport, CT: Praeger, 1989.

Hindley, Michael, and James Bridge, "South China Sea: The Spratly and Paracel Is¬lands Dispute" The World Today, June 1994.

Kemish, Ian, "Managing Potential Conflict in the South China Sea" Kevin Clements and Robin Ward (eds) Building International Community. Co¬operation for Peace. Case Stu¬dies. Canberra: Allen & Un-win, 1994).

Kolb, Deborah, and Jeffrey Z. Rubin, "Mediation Through a Disciplinary Kaleidoscope. A Summary of Empirical Re¬search," DR Forum, October 1989.

Mitchell, C.R. "The Motives for Me¬diation," C.R. Mitchell and

K. Webb, eds, New Appro¬aches to International Media¬tion. Westport, CT: Green¬wood Press, 1988.

Samuels, Marwyn S., Contest for the South China Sea. New York: Methuen, 1981.

Sheppard, Blair H., "Third Party Conflict Intervention: A Pro

cedural Framework" Re¬search In Organizational Beh¬avior, 1984:6.

Webb, Keith, Third-Party Interven¬tion and the Ending of Wars. A Preliminary Approach, ma¬kalah yang tidak diterbitkan (1994).



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.19170

Article Metrics

Abstract views : 2846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Ichlasul Amal, Samsu Rizal Panggabean

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats