Desain rekam medis elektronik berbasis tablet pc untuk mendukung pelayanan kesehatan ibu dan anak di rumah sakit



ARIEF KURNIAWAN NUR PRASETYO(1*), Lutfan Lazuardi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang : Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi dalam rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan sesungguhnya bukanlah hal yang baru. Seribu hari pertama kehidupan (sejak masa konsepsi hingga seorang manusia berusia 2 tahun) merupakan momentum kritis yang akan menentukan kualitas generasi masa depan suatu bangsa. Periode ini merupakan periode emas bagi tumbuh kembang manusia yang kemudian dikenal dengan seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK). Rekam medis elektronik mempunyai banyak manfaat, diantaranya memudahkan penelusuran dan pengiriman informasi dan membuat penyimpanan lebih ringkas, dengan demikian data dapat ditampilkan dengan cepat sesuai kebutuhan termasuk data perkembangan ibu hamil dan tumbuh kembang anak. Salah satu pelayanan yang diberikan di rumah sakit adalah pelayanan kesehatan ibu dan anak, dimana pelayanan ini tidak lepas dari proses pencatatan rekam medis. Saat ini pencatatan dan pelaporan pelayanan kesehatan ibu dan anak masih terbatas pada sistem informasi berbasis personal computer (PC) sehingga untuk mobilitas pelayanan menjadi terhambat.

 

Tujuan : mendesain rekam medis elektronik berbasis tablet pc untuk mendukung pelayanan kesehatan ibu dan anak di rumah sakit.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan action research, dengan metode pengembangan prototype.

Hasil :Dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan diketahui bahwa pelaksanaan pencatanan rekam medis untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak difokuskan pada pencatanan riwayat kehamilan, didalamnya pembuatan grafik perkembangan janin dan Kartu Menuju Sehat (KMS). Kamus data aplikasi diperoleh dari berkas rekam medis manual dan digunakan sebagai dasar pembuatan basis data dalam aplikasi ini. Diagram activity dibuat berdasarkan alur pelayanan kesehatan ibu dan anak. Diagram sequence dibuat sebagai gambaran interaksi antara aplikasi dengan pengguna. Desain tampilan telah disesuaikan dengan analisis kebutuhan terkait dengan pelayanan kesehatan ibu dan anak di rumah sakit.

Kesimpulan : Telah dikembangkan rekam medis elektronik berbasis tablet pc untuk mendukung pelayanan kesehatan ibu dan anak di rumah sakit dengan

pendekatan prototyping berbasis web yang disusun berdasarkan kebutuhan pengguna, yaitu kebutuhan dalam penyusunan rekam medis kesehatan ibu dan anak, kebutuhan untuk menampilkan grafik, kebutuhan untuk memudahkan analisis data yang dapat menghasilkan sebuah informasi.


Keywords


Kata Kunci : Rekam Medis Elektronik, Kesehatan Ibu dan Anak, Prototype



References

Jarret, R. dan Philip, Su. 2009. Building Tablet PC Aplications. Sebastopol, California : O'Reilly Media, Inc 2. Fuad, Anis. 2005. Peran Teknologi Informasi untuk Mendukung Manajemen Informasi Kesehatan di Rumah Sakit website http://anisfuad. blog.ugm.ac.id/2005/09/13/peran-teknologi-informasi-untuk-mendukung-manajemen-informasi-kesehatan-di-rumah-sakit/comment-page1/#com-ment -3861 (diakses tanggal 1 Oktober 2014) 3. Hatta, G.R. 2008. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan Kesehatan, Jakarta :Universitas Indonesia Press (UI-Press) 4. Yang. P., Pan. F., Xu. P., Liu. D., Liang. Y., Sun. C., Ye. Q., 2012. Creating content modules for Chinese EHR documents and their trial implementation in Wuwei City. Journal of Medical System, Vol. 36 No.6 pp 3655-75. 5. Jogiyanto. 2008. Sistem Teknologi Informasi. Pendekatan Terintegrasi : Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan, Edisi III, Yogyakarta : Andi Offset 6. Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Berbasis Komputer. Edisi 2. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta 7. Wandira, B. 2006, Prototipe Sistem Pencatatan dan Pelaporan Program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Berbasis Web Pada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Di Sulawesi Tengah, Tesis, Universitas Gadjah Mada. 8. O’Brien JA, Marakas G. 2009. Management Information sistem. Ninth edition. Boston: Mc Graw Hill, Inc.




Article Metrics

Abstract views : 102 | views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats