Pengembangan Database Riset BPJS Kesehatan



Guardian Yoki Sanjaya(1*), Anis Fuad(2), Lutfan Lazuardi(3), Furqonudin Ramdhani(4), Wan Aisyah Baros(5), Erzan Dhanalvin(6)

(1) Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UGM
(2) Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UGM
(3) Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UGM
(4) Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UGM
(5) Grup Penelitian dan Pengembangan BPJS Kesehatan
(6) Grup Penelitian dan Pengembangan BPJS Kesehatan
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: BPJS Kesehatan dalam pencapaian Universal Health Coverage pada tahun 2019 akan memiliki salah satu basis data pelayanan kesehatan terbesar di dunia. Seiring dengan meningkatnya volume data yang tersimpan, semakin cepatnya proses mengumpulkan dan menghasilkan data, keragaman datanya serta kebutuhan terhadap kualitas data yang mencerminkan fakta, maka menjadi penting bagi BPJS Kesehatan untuk mengkaji kondisi manajemen data saat ini serta penyiapan database riset sebagai salah satu output.

Metode Penelitian: Pendekatan kulitatif dilakukan untuk mengembangkan database riset BPJS Kesehatan. Literatur review, diskusi kelompok terarah dan identifikasi data di BPJS Kesehatan dilakukan untuk menggali konsep database riset untuk jaminan kesehatan nasional.

Hasil: Database riset BPJS Kesehatan termasuk dalam konsep big data analytics karena volume, jumlah dan frekuensi yang tinggi serta tipe datanya yang beragam. Terdapat 5 dataset yang disepakati untuk dijadikan database riset BPJS Kesehatan. Jumlah peserta BPJS yang terus bertambah menuntut perlunya tatakelola data yang baik untuk memastikan representatif database riset terhadap pertumbuhan tersebut.

Kesimpulan: Terdapat 3 aspek penting yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan database riset BPJS Kesehatan, yaitu konsep big data analytics, representasi database riset yang diambil dari transaksi data di BPJS Kesehatan dan manajemen data yang baik.


Keywords


BPJS Kesehatan, Database Riset, Dataset kohort, big data analytics





Article Metrics

Abstract views : 158 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats