Prototipe Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka



roslinda skm(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Data dan informasi kepegawaian di Dinas Kesehatan Kab, Kolaka merupakan data penting yang harus tersedia dengan akurat, lengkap dan jelas untuk menunjang pelaksanaan manajemen kepegawaian yang optimal. Permasalahan yang ditemui berupa penanganan dan pemrosesan data yang kompleks masih dikelola secara manual menyebabkan ketidakkonsistenan data, informasi yang dihasilkan membutuhkan waktu yang lama dan cenderung kurang akurat. Belum ada sistem informasi kepegawaian yang dapat memfasilitasi staf kepegawaian dalam memberikan pelayanan melalui manajemen data yang optimal.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi kepegawaian yang sesuai dengan kebutuhan Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, melalui kegiatan identifikasi kebutuhan komponen input dan output pengguna, membuat desain proses prototipe sistem, melakukan uji coba prototipe serta mengevaluasi prototipe yang telah diujicobakan.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan rancangan action research. Rancangan penelitian dipilih karena sesuai dengan tahap pengembangan sistem dengan prototipe. Data dan informasi diperoleh dengan observasi, wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD). Observasi dilakukan di Subag Kepegawaian untuk mengetahui proses pengolahan data dan informasi di kepegawaian. Wawancara dilakukan terhadap 8 responden untuk mengeksplorasi kebutuhan komponen input dan output yang membentuk spesifikasi fungsional prototipe. Prototipe di uji coba kemudian wawancara mendalam untuk mengetahui apakah prototipe sudah sesuai dengan kebutuhan Dinas Kesehatan Kab. Kolaka.

Hasil: Prototipe sistem informasi kepegawaian dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengguna di Dinas Kesehatan. Diperoleh kebutuhan data sebagai komponen input yaitu data PNS dan data PTT. Kebutuhan informasi sebagai ouput yang dihasilkan sistem yaitu laporan dan rekapitulasi PNS dan PTT. Melalui identifikasi kebutuhan tersebut dibuatlah diagram konteks, DFD, data flowchart, ERD, kamus data, kemudian dikembangkan. Ujicoba prototipe menunjukkan aplikasi sistem informasi kepegawaian dapat menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan prototipe mudah digunakan, tampilan menarik dan informasi yang dihasilkan akurat. Kesimpulan: Pengembangan sistem informasi manajemen kepegawaian yang melibatkan potensial responden di Dinas Kesehatan dapat diterima dengan baik oleh responden dan aplikasi yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebutuhan Dinas Kesehatan Kab. Kolaka


 

Kata kunci : Manajemen Kepegawaian,  Prototyping, Sistem Informasi Manajemen


Keywords


Manajemen Kepegawaian; Prototyping; Sistem Informasi Manajemen





Article Metrics

Abstract views : 206 | views : 741 | views : 4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats