Desain Formulir Elektronik Assessment Terapi Pada Sistem Informasi Smartclinic Di Klinik Nima Medical And Rehabilitation Center Kotagede

https://doi.org/10.22146/jisph.71611

Syarah Mazaya Fitriana(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Rekam medis elektronik merupakan sistem informasi Kesehatan terkomputerisasi yang berisi data sosial dan data medis pasien, serta dapat dilengkapi dengan sistem pendukung keputusan. Kllinik Nima Medical and Rehabilitation Center Kotagede untuk saat ini masih dalam tahap pengembangan untuk pelaksanaan rekam medis elektronik dalam waktu dekat, akan tetapi masih ada beberapa kekurangan dalam pengembangannya, salah satu kekurangan tersebut adalah belum adanya desain formulir assessment terapi wiacara anak dan terapi okupasi anak. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya desain formulir elektronik assessment terapi wicara anak dan terapi okupasi anak untuk mendukung terlaksananya rekam medis elektronik di klinik Nima Medical And Rehabilitation Center Kotagede. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kebutuhan data yang diperlukan untuk rancangan, menghasilkan   rancangan desain user interface formulir elektronik assessment terapi wiacara anak dan terapi okupasi anak serta uji coba desain tersebut di Klinik Nima Medical and Rehabilitation Center Kotagede.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian adalah formulir assessment terapi wicara dan terapi okupasi konvensional, subjek penelitian yaitu perekam medis, terapis wicara anak dan okupasi terapi serta dokter spesialis anak, Metode yang digunakan dalam perancangan ini yaitu menggunakan metode User Centered Design (UCD).

Hasil: Hasil perancangan desain ini terdiri dari identifikasi kebutuhan data, rancangan use case diagaram dan user interface yang terdiri dari menu/dashboard, pelayanan, dan formulir assessment terapi wicara anak dan terapi okupasi anak.

Kesimpulan: Rancangan desain di uji coba oleh responden sebanyak satu kali dan Rancangan user interface telah disetujui oleh pengguna serta mendapat umpan balik berupa usulan-usulan perbaikan dari pengguna..





DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.71611

Article Metrics

Abstract views : 967 | views : 1840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats