Penerapan metode case-based reasoning untuk mendiagnosa penyakit gizi buruk

https://doi.org/10.22146/jisph.32785

Muhd Agussyah Harofy(1*), Abdullah Abdullah(2), Samsudin Samsudin(3)

(1) 
(2) Universiti Utara Malaysia
(3) Universitas Putra Indonesia Yptk Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Penelitian ini mengembangkan sistem pakar dengan memanfaatkan metode case-based reasoning (CBR) sebagai proses dalam mendiagnosa penyakit gizi buruk kekurangan energi protein (KEP) pada anak.

Tujuan : Dengan adanya website sistem pakar ini, para orang tua akan mendapatkan informasi mengenai gizi buruk dengan mudah dan dapat mengetahui apakah anak-anak mereka salah satu penderita gizi buruk atau tidak.

Metode : Dalam proses ini digunakan beberapa gejala-gejala untuk menentukan penyakit gizi buruk yang dialami anak dengan usia di bawah lima tahun. Penelitian skripsi ini lebih menitik beratkan kepada bagaimana merancang dan mengimplementasikan program serta dimaksudkan agar memudahkan dalam hal mendiagnosa penyakit gizi buruk KEP. CBR digunakan sebagai metode dalam perhitungan untuk mendiagnosa penyakit gizi buruk KEP untuk anak yang berusia di bawah lima tahun ini. Cara kerja metode CBR ini adalah dengan membandingkan kasus lama dan kasus baru pada gejala-gejala setiap penyakit, setiap gejala penyakit pada kasus lama diberi nilai bobot yang berfungsi untuk menghitung perbandingan kasus lama dan kasus baru dari setiap penyakit.  

Hasil : Hasil perhitungan yang memiliki nilai terbesar itulah penyakit yang dialami oleh anak yang berusia di bawah lima tahun tersebut.


Keywords


sistem pakar, CBR, gizi buruk




DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.32785

Article Metrics

Abstract views : 202 | views : 219 | views : 518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats