Kepuasan pengguna website dinas kesehatan daerah istimewa yogyakarta
guruansyah guruansyah(1*)
(1) Dinkes Kab. Aceh Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar Belakang: Pada era globalisasi saat ini, kontribusi teknologi informasi dan komunikasi mempunyai peranan yang sangat strategis pada semua sektor. Perkembangan teknologi komunikasi yang terus disempurnakan membuat para penggunanya merasa menjadi suatu kebutuhan yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi yang merambah di segala aspek kehidupan, maka mau tidak mau secara perlahan-lahan kita dihadapkan dengan era teknologi informasi yang sudah sangat maju. Kegunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat bantu mutlak dibutuhkan dalam berbagai program pada umumnya begitu juga pada program sistem informasi manajemen kesehatan di dinas kesehatan pada khususnya.
Tujuan: Menganalisis tingkat kepuasan pengguna website Dinas Kesehatan Yogyakarta (www.dinkes.jogjaprov.go.id).
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Metode Webqual 4.0 untuk mengukur kualitas sebuah website berdasarkan persepsi dari pengguna website Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Responden penelitian berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Uji hipotesis menggunakan metode regresi dengan memanfaatkan software SmartPLS.
Hasil: Model pengukuran memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Salah satu dimensi Webqual 4.0, yaitu kualitas informasi, tidak mempengaruhi kepuasan pengguna website secara signifikan. Sehingga diharapkan kepada pengelola website agar lebih memperhatikan lagi konten yang berkualitas dan informasi yang up to date.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.17930
Article Metrics
Abstract views : 745 | views : 888 | views : 175Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal of Information Systems for Public Health