Efektivitas penerapan aplikasi m-health untuk posyandu di Puskesmas Kembang Seri Kabupaten Bengkulu Tengah

https://doi.org/10.22146/jisph.11240

Yoki Hermansyah Yoki Hermansyah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Dalam upaya meningkatkan dan mengaktifkan program posyandu tidak terlepas dari dukungan dari pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan, strategi yang dapat dikembangkan adalah teknologi informasi. Sistem informasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kegiatan program bidang kesehatan. Pemanfaatan sistem informasi yang dinamis diharapkan mampu menyediakan output yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi guna mendukung pengambilan kebijakan. Seluruh kegiatan Posyandu dicatatkan ke dalam Sistem Informasi Posyandu yang terbagi ke dalam tujuh (4) format register. Proses pencatatan dan pengolahan data masih dilakukan secara manual menggunakan tulisan tangan sehingga menyebabkan banyak kendala dalam proses pengolahan, pencarian, dan pembuatan laporan kegiatan Posyandu. Perlu kiranya mengembangkan suatu sistem informasi posyandu menggunakan aplikasi m-health untuk posyandu agar memudahkan proses pengolahan, pencarian, dan pelaporan data kegiatan Posyandu.

Tujuan : Mengidentifikasi kebutuhan dan mengembangkan aplikasi m-Health berbasis android untuk posyandu di puskesmas Kembang Seri wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Metode : Penelitian menggunakan Action Research. Rancangan ini dipilih karena akan menggali secara mendalam menegenai proses dan manajemen pengembangan aplikasi m-Health untuk posyandu guna mengungkap fenomena dan hal-hal penting yang terjadi dalam setting penelitian. Aplikasi ini bertujuan untuk membangun smartphone berbasis android dalam pengunpulan data program posyandu.

Hasil : Pengembangan aplikasi m-Health untuk posyandu berbasis android di mulai dari proses identifikasi kebutuhan data dan kebutuhan pengguna, prototype yang digunakan yaitu aplikasi Magpi bersifat open source. Hasil observasi kebutuhan data didapatkan 4 (empat) register utama kegiatan pokok program posyandu yang terdiri dari data umum posyandu, data kegiatan posyandu form ibu hamil, immunisasi balita dan kunjungan balita. Aplikasi pengumpulan data menggunakan perangkat mobile berbasis android, dan web server sebagai media pengelolaan database data dinas kesehatan. Proses sosialisasi dan uji coba di lakukan oleh petugas untuk melaksanakan program posyandu, selama proses uji coba dilakukan pengamatan dan evaluasi. Evaluasi dilakukan terhadap proses pengembangan dilihat dari komponen aspek kegunaan dan aspek kemudahan.

Kesimpulan : Penggunaan aplikasi mobile health untuk posyandu berbasis android mejadi solusi dalam pengumpulan, pengolahan dan penyajian data program posyandu, sehingga upaya meningkatkan kulitas pelayanan kepada masyarakat akan lebih epektif dan efisien. Aplikasi ini diharapkan dapat di gunakan dengan baik di puskesmas wilayah kerja dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah


Keywords


m-Health, Posyandu



References

M, Saripawan Y. HBM dkk. Implementasi Posyandu dan Supervisi oleh Puskesmas di Pontianak. Paper Series. 2007;no. 12. 2. Sembiring. N. Posyandu Sebagai Saran Peran Serta Masyarakat Dalam Usaha Peningkatan Kesehatan Masyarakat. Tesis. 2004. 3. Nimodia C, Deshmukh H. Android Operating System. Software Engineering, ISSN. 2012;3(1):10–13. 4. Kollmann A, Riedl M, Kastner P, et al. Healthcare in the pocket: Mapping the space of mobile-phone health interventions. Journal of Systems and Software. 2011;84(11):e36. 5. Devarapalli N, Figueira S. Leveraging Existing Tools to Help Social Enterprises: A Case Study. Procedia Engineering. 2015;107:90–99. 6. Ziegler M. Improving Practice Through Action Research. Adult Learning. 2001;12(1):3. 7. Davis FD. A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: Theory and results. Management. 1985;Ph.D.:291. 8. Nugroho E. Sistem Informasi Manajemen Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya. II. (Hardjono D, ed.). Yogyakarta: Andi Offset; 2010. 9. Arbeláez-Estrada JC, Osorio-Gómez G. Augmented reality application for product concepts evaluation. Procedia Computer Science. 2013;25:389–398.



DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.11240

Article Metrics

Abstract views : 1516 | views : 1630 | views : 245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats