Penggunaan Fungsi Pedotransfer untuk Memperkirakan Permeabilitas Tanah di Sumatera Selatan dan Riau

https://doi.org/10.22146/ipas.6174

Puspita Harum Maharani, Bambang Hendro Sunarminto, dan Eko Hanudin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menduga nilai permeabilitas tanah dalam keadaan jenuh di Sumatera Selatan dan Riau dari tekstur tanah, porositas dan kedalaman tengah profil. Permeabilitas tanah dalam keadaan jenuh merupakan salah satu parameter sifat fisik tanah untuk memprediksi pergerakan air di dalam tanah dan zat terlarut yang berada dalam air tanah. Sebagian besar data permeabilitas tanah yang dianalisis di laboratorium dianggap tidak praktis, membutuhkan banyak waktu dan biaya. Permeabilitas tanah dalam keadaan jenuh berhubungan erat dengan kandungan fraksi lempung,porositas dan kedalaman tengah horizon. Penelitian ini dilakukan menggunakan 78 set tanah dari Palembang, Provinsi Sumatera Selatan dan Pekanbaru Provinsi Riau pada Mei 2012 sampai juni 2013 dan dianalisis di laboratorium menggunakan alat permeameter. Hasil penelitian menunjukkan mendekati keberhasilan pada pendugaan nilai permeabilitas tanah dalam keadaan jenuh dari data kandungan fraksi lempung, porositas dan kedalaman tengah horizon. Hasil yang diperoleh dari hubungan linier berganda pada data dengan R2 = 0,675. Persamaan regresi linier berganda Log Ks = -7,245 + 0,077 clay + 0,084 porositas - 0,011 kedalaman tengah horizon.

Pada persamaan regresi Log Ks di dapatkan lempung merupakan fraksi penyusun tekstur tanah, porositas merupakan sifat fisika tanah yang menggambarkan struktur tanah dan kedalaman tengah pada tiap horizon tanah merupakan kedalaman horizon pada tiap lapisannya, dan permeabilitas tanah dinyatakan dalam satuan cm/jam. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kandungan clay memberikan hasil yang paling signifikan terhadap permeabilitas tanah dalam keadaan jenuh dan faktor kandungan clay merupakan parameter yang paling efektif terhadap perhitungan permeabilitas tanah dalam keadaan jenuh.

Kata kunci : Permeabilitas tanah dalam keadaan jenuh, kandungan fraksi clay, porositas, kedalaman tengah profil

Full Text:

PDF


References

Acosta, C.A., Lascano, R.j., Stroosnijder, L. 2012. Test of the Rosetta Pedotransfer Function for Saturated Hydraulic Conductivity. Journal of Soil Science, 2012, 2, 203-212. Published SCRIP. USA

Agus, F dan Suganda, H. 2006. Penetapan Konduktivitas Hidrolik Tanah dalam Keadaan Jenuh: Metode Lapang dalam Sifat Fisik Tanah dan Metode Analisisnya. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Departemen Pertanian.

Calhoun, F.G., Smeck, N.E., Slater, B.L., Bigham, J.M., dan Hall, G.F., 2001. Predicting bulk density of Ohio soils from morphology, genetic principles, and laboratory characterization data. Soil Science Society of America Journal. 65, 811–819.

Dariah, Ai., Yusrizal, dan Mazwar. 2006. Sifat Fisika Tanah dan Metode Analisisnya. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Bogor

Hardjowigeno, S. 1993. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Akademika Ressindo. Jakarta.

Minasny, B dan Hartemink, A.E. 2011. Predicting Soil Properties in the Tropics. Earth-Science Reviews 106 (2011) 52–62. Elseiver.Australia.

Minasny, B., McBratney AB., McKenzie NJ., Grundy MJ. 2002. Predicting Soil Properties Using Pedotransfer Functions and Environmental Correlation in. Guidelines for surveying soil and land resources: 349-367. Australia.

McKenzie, N.J. and Cresswell, HP,. 2002. Estimating Soil Physical Properties Using More Readlily Available Data. CSIRO Publishing. Australia.

Nemes, A. and Rawls, W.J. 2004. Soil Texture and Particle-Size Distribution as Input to Estimate Soil Hydraulic Properties. Development in Soil Science Volume 30: 47-70. Elsiever. USA.

Timlin, D.J., Williams, R.D., Ahuja., dan Heathman G.C. 2004. Simple Parametric Methods to Estimate Soil Water Retentio and Hydraulic Conductivity. Development in Soil Science Volume 30: 47-70. Elsiever. USA.

Wostern, J.H.M., Pachepsky, Ya.A. dan Rawls, W.J. 2001. Pedotransfer Functions: Bridging the Gap Between Available Basic Soil Data and Missing Soil Hydraulic Characteristics. Journal of Hydrology 251 (2001): 123-150. Elsiever Science. USA.



DOI: https://doi.org/10.22146/ipas.6174

Article Metrics

Abstract views : 5563 | views : 9471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.