THE DILUTION EFFECT OF ACCOUNTING INFORMATION1
Jogiyanto Hartono(1*)
(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Riset ini meneliti efek gabungan antara kejutan-kejutan dividen dan laba. Dengan menggunakan belief-adjustment theory yang dikenalkan oleh Hogarth and Einhorn’s (1992), riset ini menguji perilaku dari reaksi investor terhadap waktu (timing) dari pengumuman-pengumuman dividen dan laba. Teori ini memprediksi bahwa untuk kejutan-kejutan konsisten yang terjadi pada waktu bersamaan, mereka mempunyai pengaruh yang lebih kecil di return saham dibandingkan dengan kejutan-kejutan konsisten yang terjadi secara berurutan (hipotesis ini disebut dengan hipotesis efek dilusi atau the dilution effect hypothesis).
Hipotesis-hipotesis efek dilusi ini didukung di satu dari empat skenario yaitu terjadi pada waktu kejutan-kejutan laba positip. Hipotesis-hipotesis ini tidak didukung untuk kejutan-kejutan dividen negatip, kejutan-kejutan dividen positip dan kejutan-kejutan laba negatip.
Key words: the dilution effect, belief adjustment theory, belief revision, Hogarth and Einhorn, behavioral finance, behavioral accounting, behavioral market research, contemporaneous announcements, simultaneous announcements, joint announcements, noncontemporaneous announcements, sequential announcements, mixed evidence, consistent evidence.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jieb.6652
Article Metrics
Abstract views : 1953 | views : 1056Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Journal of Indonesian Economy and Business |
The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business | Visitor Statistics |