POLA TINGKAH LAKU PENGUSAHA TERHADAP MUTU
Indriyo Gitosudarmo(1*)
(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Setiap pengusaha tak henti-hentinya menyatakan bahwa mutu produknya selalu
diperhatikan, bahkan tidak jarang yang menyatakan bahwa produknya bermutu tinggi
dan paling baik. Perayataan tersebut sebenarnya merupakan hal yang wajar bagi
setiap pengusaha yang memasarkan produknya dan memperoleh keuntungan dari
transaksi penjualan itu. Pernyataan itu tentu saja timbul dari niat baik para pengusaha dan niat itu haruslah disalurkan ke dalam tindak lanjut terhadap mutu produknya. Penyaluran
tindakan untuk menjaga mutu produk itulah yang tampaknya mudah diucapkan akan
tetapi sukar untuk dilaksanakan. Dalam kenyataannya sering terjadi para pengusaha cenderung untuk menurunkan mutu produknya apabila telah dirasakan barang yang dijual tersebut laris
di pasaran. Hal ini dilakukan pada umumnya atas dasar pertimbangan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Pertimbangan semacam ini tidak disadari justru berakibat sebaliknya. Kenyataan tersebut sering dilaksanakan oleh para pengusaha kecil sampai sedang.
Full Text:
PDFReferences
Argenti, John, Corporate Planning, A Practical Guide, George Allen & Unwin Ltd. London, 1974. Ferrell, Robert W., Customer Oriented Planning, D.B. Tara-porevala Sons & Co. Private Ltd. Bombay, 1970. Garrett, Leonard J., and Silver, Milton, Production Management Analysis, Harcourt Brace Jovanovich, Inc, 1973. Starr, Martin K., Production Management, System and Synthesis, Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, N.J., 1972.
Article Metrics
Abstract views : 711 | views : 601Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1987 Journal of Indonesian Economy and Business
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Indonesian Economy and Business |
The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business | Visitor Statistics |