MANAJEMEN PERUBAHAN
Mulyadi Mulyadi(1*)
(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
beroperasinya organisasi tersebut. Oleh karena itu, manajer perlu mengenali karakteristik perubahan di era globalisasi dan era informasi ini, untuk membangkitkan rasa keterdesakan dalam diri mereka tentang pentingnya kompetensi untuk mengelola perubahan. Setelah rasa keterdesakan ini timbul, manajer perlu melakukan eksplorasi ke dalam daerah kompetensi baru : manajemen perubahan. Banyak sistem informasi akuntansi dan sistem informasi manajemen yang dirancang oleh konsultan berakhir pada tempat penyimpanan di almari ruang kantor direksi, sebagai akibat tidak dilaksanakannya sistem tersebut. Sistem informasi yang dirancang dengan tujuan untuk melakukan perubahan praktikpraktik bisnis yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan para stakeeholder-nya berakhir dengan kegagalan, karena ketidakmampuan manajemen di dalam mengelola perubahan. Artikel ini ditulis berdasarkan dua alasan berikut ini. Pertama adalah adanya perubahan atas perubahan itu sendiri, sebagaimana telah diuraikan di atas. Perubahan yang telah mengalami perubahan tersebut memerlukan kompetensi manajer dalam mengelola perubahan. Kedua adalah karena ketidakmampuan manajer dalam mengelola perubahan, banyak sekali sistem manajemen (termasuk didalamnya sistem informasi manajemen dan sistem informasi akuntansi) yang telah didesain oleh konsultan tidak berhasil diimplementasikan. Tujuan yang
hendak dicapai melalui tulisan ini adalah untuk membangkitkan kesadaran manajer tentang perlunya mereka memiliki kompetensi dalam mengarungi lingkungan bisnis yang turbulen ini. Artikel ini membahas tiga hal penting berikut ini : (1) mengenal karakteristik perubahan di era globalisasi ini, untuk membangkitkan keterdesakan dalam diri manajer tentang perlunya perubahan dan perlunya kompetensi untuk mengelola perubahan secara profesional, (2) menjelaskan perlunya perumusan kembali peran manajer, agar di dalam peran tersebut terkandung kompetensi yang diharapkan mampu memenuhi tuntutan lingkungan bisnis global : improvement berkelanjutan, dan (3) menguraikan siklus perubahan transformasional dan kompetensi yang diperlukan dalam pegelolaan setiap tahap siklus perubahan tersebut, (4) sisi bayangan suatu perubahan yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan dan mengimplementasikan perubahan transformasional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bounds Greg, Lyle Yorks, Mel Adam, Gipsie Ranney. Beyond Total Quality Management Toward Emerging Paradigm. New York:MeGraw-Hill, Inc,1994. Hammer Michael, James Champy. Reengineering the Corporation. New York: Harper Business, 1993 Hemermesh, Richard g. Fad Free Management. World Executive Digest, July, 1997 Bate, Paul. Strategies for Cultural Change. Oxford : Butterworth-Heinemann Ltd, 1994. Kotter, John P. Leading Change. Boston: Harvard Business School Press, 1996. Patching David. Business Process Re-engineering. Management Services. June 1994. Snyder, Neil H., James D.Dowd, jr., Dianne Morse Houghton. Vision, Values, and Courage: Leadership for Quality Management New York: The free Press, 1994. Quinn, Robert E. Deep Change: Discovering the Leader Within. San Fransisco: Jossey-Bass Publisher, 1996. Quirke, Bill. Communicating Change. London: McGraw-Hill Book Company, 1995. Egan, Gerard. Adding Value: A Systematic Guide to Business-Driven Management and Leadership. San Fransisco: Jossey-Bass Publisher, 1993.
Article Metrics
Abstract views : 61550 | views : 26014Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1997 Journal of Indonesian Economy and Business
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Indonesian Economy and Business |
The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business | Visitor Statistics |