Analisis Uji Beban Jembatan dengan Total station

https://doi.org/10.22146/jgise.73182

Moh Arief Herusiswoyo(1), Bilal Ma'ruf(2*)

(1) Gadjah Mada University
(2) Gadjah Mada University
(*) Corresponding Author

Abstract


Uji beban jembatan dimaksudkan untuk mengetahui jembatan berfungsi dengan baik dalam menahan beban baik beba di atas jembatan maupun beban jembatan itu sendiri. Uji beban dapat memberikan informasi mengenai respon jembatan terhadap beban yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan besar, arah, dan pola lendutan akibat uji beban jembatan. Besar, arah, dan pola lendutan diamati menggunakan total station Sokkia series iM-50. Lendutan diamati pada tiga kombinasi pembebanan, yaitu kondisi sebelum terbebani, saat terbebani, dan setelah terbebani. Truk bermuatan 11 ton dijadikan sebagai beban pada uji beban tersebut. Studi kasus penelitian ini dilakukan pada jembatan tipe pelengkung baja jembatan Situ Gintung yang terletak di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Tahapan penelitian dimulai dari perencanaan dan pengukuran titik kontrol, perencanaan dan pemasangan titik-titik objek pengamatan pada jembatan, pembebanan jembatan dan pengukuran, serta perhitungan dan analisis lendutan. Terdapat empat titik kontrol yang dipasang, satu titik di sisi utara jembatan, satu  titik di sisi selatan jembatan, dan dua titik masing-masing dipasang di timur dan barat bawah jembatan. Sebanyak 32 titik pengamatan dipasang di jembatan yang terbagi menjadi tiga bagian pada sisi barat dan timur yaitu, lima titik di bagian hanger, tujuh titik di bagian slab lantai dan empat titik di pilar jembatan. Perhitungan lendutan dihitung dari permukaan awal ke posisi setelah terjadinya lendutan. Pengamatan lendutan menggunakan total station mampu mendeteksi lendutan jembatan. Namun besarnya lendutan yang terjadi masih memenuhi batas ijin lendutan yang ditetapkan oleh yang RSNI T-03-2005 tentang Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan. Dengan kata lain, jembatan ini sudah lolos uji beban.


Keywords


jembatan, lendutan, uji beban statis, total station.

Full Text:

PDF


References

Abidin, H.Z. (2007). Penentuan posisi dengan GPS dan aplikasinya. PT Pradnya Paramita. Jakarta.

Abidin, H.Z., Jones, A., dan Kahar, J. (2002). Survei dengan GPS. Penerbit Pradnya Paramita. Jakarta.

American Association of State Highway and Transportations Officials (AASHTO). (2000). Manual for Condition Evaluation of Bridges (2nd Edition). Washington DC.

Badan Standarisasi Nasional. (2002). Jaring kontrol horizontal (SNI 19-6724-2002). Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional. (2005). Perencanaan Struktur Baja (RSNI T-03-2005). Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Basuki, S. (2011). Ilmu Ukur Tanah, Edisi Revisi. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2012). Manual Pelaksanaan Pengujian Jembatan. Manual Konstruksi dan Bangunan. Jakarta.

Hou, T.C. dan Lynch, J.P. (2006). March. Rapid-to-deploy Wireless Monitoring Systems for Static and Dynamic Load Testing of Bridges: Validation on the Grove Street Bridge. In Nonintrusive Inspection, Structures Monitoring, and Smart Systems for Homeland Security. Vol. 6178. 61780D, https://doi.org/10.1117/12.658902

Kleinhans, D.D., J.J.Myers., dan A. Nanni. (2007). Assessment of Load Transfer and Load Distribution in Bridges Utilizing FRP Panels, Journal of Composites for Construction, Vol. 11(5), 545-552.

Kuang, S. (1996). Geodetic Network Analysis and Optimal Design: Concepts and Applications. Ann Arbor PressInc. Chelsea, Michigan.

Maulidin, R. F. (2016). Studi Penentuan Volume dengan Total Station dan Terrestrial Laser Scanner. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Najamuddin., Kahar, S., & Sabri, L. (2012). Pengamatan Lendutan Vertikal Jembatan Kali Babon dengan Metode GNSS Kinematik. Jurnal Geodesi Undip, 1(1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/geodesi/article/view/2249

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 41 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan.

Pratama, R. A., Kahar, S., & Suprayogi, A. (2013). Pengamatan Lendutan Vertikal Jembatan Kali Babon dengan Metode Terrestrial Laser Scanner. Jurnal Geodesi Undip, 2(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/geodesi/article/view/3710

Setiati, N. R., & Surviyanto, A. (2013). Analisis Uji Beban Kendaraan Terhadap Jembatan Integral Penuh (Loading Test Analysis Of Full Integral Bridge). Jurnal Jalan-Jembatan, 30(3), 190-204.

Struyk, J. H., dan Van Der Veen, W. C. H. K. (1984). alih bahasa Soemargono. Jembatan, Penerbit Pradnya Paramita, Jakarta.

Transportation Research Board. (1998). Manual for Bridge Rating through Load Testing, HRD 234, Washington, DC.



DOI: https://doi.org/10.22146/jgise.73182

Article Metrics

Abstract views : 893 | views : 1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Geospatial Information Science and Engineering (JGISE) ISSN: 2623-1182 (Online) Email: jgise.ft@ugm.ac.id The Contents of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.