Kajian Perbandingan Luas Hasil Pengukuran Bidang Tanah Menggunakan GPS RTK-Radio dan RTK-NTRIP

https://doi.org/10.22146/jgise.63947

Rizki Irianto(1*), Farouki Dinda Rassarandi(2)

(1) Politeknik Negeri Batam
(2) Politeknik Negeri Batam
(*) Corresponding Author

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi dalam survei pemetaan seperti halnya penggunaan GPS Geodetik, maka penerapan dari teknologi untuk kebutuhan survei perlu memperhatikan faktor-faktor tertentu seperti ketersediaan alat, sumber daya manusia hingga kondisi lapangan. GPS atau biasa dikenal dengan Global Positioning System merupakan teknologi/alat atau sistem yang memberikan informasi berupa posisi kepada pengguna secara global dan real-time di permukaan bumi yang berbasis data satelit. Dengan teknologi tersebut diperoleh ketelitian yang tinggi dengan waktu yang singkat dalam penentuan sebuah posisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketelitian hasil pengukuran luas bidang tanah menggunakan teknologi GPS RTK-Radio dan GPS RTK NTRIP sebagai sikap pengambilan keputusan. Penelitian dilakukan terhadap daerah dengan obstruksi dan tanpa obstruksi fisik. Nantinya, dari penelitian ini diperoleh nilai-nilai koordinat (X,Y) dari GPS RTK-NTRIP maupun RTK-Radio, yang kemudian dihitung luasnya dan dibandingkan dari hasil pengukuran menggunakan ETS (Electronic Total Station) terhadap standar ketelitian luas dari BPN. Hasil perhitungan selisih luas lahan baik dengan obstruksi secara fisik maupun tidak, masih masuk dalam toleransi ketelitian BPN, walaupun untuk lahan yang terdapat obstruksi fisik memiliki selisih antara pengukuran menggunakan GPS dan ETS yang cukup besar yaitu hampir mencapai 5 m2.


Keywords


GNSS, RTK Radio, RTK NTRIP ETS, Pengukuran Bidang Tanah

Full Text:

PDF


References

Abidin, H. Z. (2007). Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Basuki, S. (2011). Ilmu Ukur Tanah (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

BSN (Badan Standardisasi Nasional). (2002). Jaring Kontrol Horizontal. SNI `9-6724-2002.

Geodinamika, B. (2018). InaCORS BIG: Satu Referensi Pemetaan Indonesia. Cibinong: Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika BIG. Retrieved from Sistem Referensi Geospasial Indonesia.

Marbawi, M., Yuwono, B. D., & Sudarsono, B. (2015). Analisis Pengukuran Bidang Tanah Menggunakan GNSS RTK-Radio dan RTK-NTRIP Pada Stasiun CORS UNDIP. Jurnal Geodesi Undip, 297-306.

Novianta, M. A., & Setyaningsih, E. (2015). Sistem Informasi Monitoring Kereta Api Berbasis Web Server Menggunakan Layangan GPRS. Jurnal Momentum, 58-67.

Putra, I. G. (2016). Analisis Ketelitian Penetuan Posisi Horisontal Menggunakan Antena GPS Geodetik Ashtech ASH111661. urnal Teknik ITS 5.2, A369-A374.

Rassarandi, F. D., Sai, S. S., & Purwanto, H. (2015). Analisis Ketelitian Perhitungan Tonase Stockpile Batubara Hasil Pengukuran Metode RTK Radio GNSS dengan Teknik Akuisisi Dara secara Point to Point dan Auto Topo. Jurnal Integrasi, 123-129.

Setiady, J. (2013). Aplikasi GPS RTK untuk Pemetaan Bidang Tanah. Reka Geomatika, 11-21.

Sitohang, L. S., Yuwono, B. D., & Awaluddin, M. (2014). Analisis Pengukuran Bidang Tanah Menggunakan Metode RTK NTRIP dengan Beberapa Provider GSM. Jurnal Geodesi Undip, 44-55.

Sobatnu, S.T., M.T., F. (2018). Survei Terestris. Yogyakarta: Percetakan Deepublish.

Syaifullah, A., & Kusmiarto. (2014). Survey Kadastral Modul MKB-6/3 SKS/ MODUL I-IX. Yogyakarta: STPN.

Tribhuwana, A. (2018). Perbandingan Pengukuran Luas Area Antara Theodolite dan Global Positioning System (GPS). LOGIKA, 58-64.

Wardani, A. K. (2016). Analisis Metode Delineasi Bidang Tanah Pada Citra Resolusi Tinggi Dalam Pembuatan Kadaster Lengkap (Studi Kasus: Desa Wotan Kecamatan Paceng Kabupaten Gresik) Tugas Akhir. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Yuwono, D. B., & Amarrohman, F. J. (2019). Kajian Penentuan Posisi Menggunakan DGPS dan RTK NTRIP. ELIPSOIDA, 24-37.



DOI: https://doi.org/10.22146/jgise.63947

Article Metrics

Abstract views : 917 | views : 1561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Geospatial Information Science and Engineering (JGISE) ISSN: 2623-1182 (Online) Email: jgise.ft@ugm.ac.id The Contents of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.