Pembelajaran Pendekatan "Scientific Aproach" yang Terintegrasi dalam Model Pebelajaran Berbasis Proyek (PBP) Sebagai Upaya Pencapaian KOmpetensi Ilmiah Mahasiswa Pada Program Studi Pend. Fisika FKIP UPR

https://doi.org/10.22146/jfi.42478

Saulim Dapottua Hutahaean(1*), Nawir Nawir(2), Theo Jhoni Hartanto(3)

(1) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Palangkaraya JL. Yos Sudarso Kampus UPR, Tunjung Nyaho, Palangkaraya
(2) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Palangkaraya JL. Yos Sudarso Kampus UPR, Tunjung Nyaho, Palangkaraya
(3) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Palangkaraya JL. Yos Sudarso Kampus UPR, Tunjung Nyaho, Palangkaraya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan Pembelajaran Pendekatan Scientific Aproach yang Terintegrasi dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Sebagai Upaya Pencapaian  Kompetensi Ilmiah Mahasiswa Pada Program Studi Pend. Fisika FKIP UPR.  Secara rinci kompetensi yang di teliti adalah keterampilan mahasiswa dalam; (a) melakukan perencanaan,  (b melakukan perancangan, (c) melaksanakan penyelidikan, (d) melakukan pelaporan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan desain penelitian praeksperimen  dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design, dimana sampel penelitian ini adalah 48 orang mahasiswa prodi fisika yang sedang menempuh mata kuliah pengembangan program pengajaran fisika. . Data kuantitatif diperoleh melalui tes kinerja dan tes kognitif yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi Pembelajaran Pendekatan Scientific Aproach yang Terintegrasi dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) membawa dampak pada penguasaan keterampilan mahasiawa dalam hal a) melakukan perencanaan kategori cukup baik  b) melakukan perancangan kategori baik  ,(c) melaksanakan penyelidikan kategori sangan baik, dan (d) melakukan pelaporan kategori baik.


Keywords


pembelajaran pendekatan Scientific Aproach, pembelajaran berbasis proyek, kompetensi ilmiah

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.42478

Article Metrics

Abstract views : 772 | views : 1687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Saulim Dapottua Hutahaean, Nawir Nawir, Theo Jhoni Hartanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JFI Editorial Office

Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Gadjah Mada

Sekip Utara PO BOX BLS 21, 55281, Yogyakarta, Indonesia

Email: jfi.mipa@ugm.ac.id

JFI is indexed by:


Creative Commons License
Jurnal Fisika Indonesia, its website and the articles published are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Social media icon made by Freepik from www.flaticon.com

Social media icon made by Freepik from www.flaticon.com

web
analytics View My Stats