Pembelajaran IPA pada Konsep Kalor yang Berorientasi Doing Science

https://doi.org/10.22146/jfi.42201

Theo Jhoni Hartanto(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Palangka Raya Jl. Yos Sudarso, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pembelajaran IPA aktif berorientasi doing science dalam pembelajaran konsep kalor.  Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan sampel penelitian 15 siswa kelas VII di salah satu SMP di, Kalimantan Tengah. Data kuantitatif diperoleh melalui tes kinerja dan tes kognitif yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa  80% siswa memiliki keterampilan proses sains dengan kategori baik. Nilai rata-rata yang diperoleh berdasarkan analisis tes kognitif pada konsep kalor adalah 72,20 dan 73% siswa memperoleh nilai di atas 70. Masih ditemukan beberapa pemahaman konsep siswa yang salah terhadap konsep kalor. Berdasarkan temuan itu, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas VII di sekolah sasaran penelitian ini memiliki keterampilan proses sains yang baik setelah pembelajaran yang berorientasi doing science. Namun demikian, masih ada beberapa pemahaman yang salah ditemukan pada konsep kalor.


Keywords


pembelajaran IPA, doing science, konsep kalor

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.42201

Article Metrics

Abstract views : 33 | views : 74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Fisika Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JFI Journal is indexed by:

Creative Commons License
Jurnal Fisika Indonesia, its website and the articles published are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © Universitas Gadjah Mada.
web
analytics View My Stats