Pembuatan Instrumen Akuisisi Data Seismik Refraksi Murah dan Layak Pakai Dalam Upaya Membangun Kemandirian Instrumentasi Geofisika

https://doi.org/10.22146/jfi.41864

Wahyudi Wahyudi(1*), Anas Setyo Handaru(2)

(1) Program Studi Geofisika FMIPA-UGM, Jl. Sains Sekip Utara Yogyakarta Telp. 0274 545183, Fax. 0274 545185
(2) Lab. Geofisika FMIPA UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Survei dalam metode geofisika selalu menggu-nakan instrumen dalam pengambilan datanya. Terbatasnya instrumen geofisika buatan dalam negeri membuat ketergantungan instrumen buatan luar negeri sangat besar. Oleh karena itu, perlu dibangun kemandirian untuk mempro-duksi instrumen geofisika, sehingga nantinya tidak ada lagi ketergantungan terhadap instrumen produksi luar negeri. Pembangunan kemandirian ini dimulai dengan membuat salah satu instrumen geofisika untuk akusisi Seismik Refraksi.

Pada penelitian ini telah dirancang dan dibangun sebuah instrumen untuk akuisisi seismik refraksi yang murah dan reliabel. Sistem, cara kerja, dan komponen-komponen yang dipakai akan meng-adopsi dan memodifikasi teknologi terbaru dari alat akuisisi seismik refraksi saat ini. Alat yang diimplementasikan nantinya diharapkan dapat dipakai untuk proses perkuliahan maupun survei seismik refraksi di lapangan. Oleh karena itu, pada penelitian ini juga telah dilakukan pengujian terhadap alat tersebut.


Keywords


seismik refraksi, instrumentasi

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.41864

Article Metrics

Abstract views : 55 | views : 117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Fisika Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JFI Journal is indexed by:

Creative Commons License
Jurnal Fisika Indonesia, its website and the articles published are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © Universitas Gadjah Mada.
web
analytics View My Stats