Pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X (Halaman 8 s.d. 12)

https://doi.org/10.22146/jfi.24396

Ellyna Hafizah(1*), Arif Hidayat(2), Muhardjito -(3)

(1) Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang
(2) Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang
(3) Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran anchored instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Martapura semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen belajar menggunakan anchored instruction dan kelas kontrol belajar menggunakan inkuiri terbimbing. Pembelajaran dilakukan pada materi suhu dan kalor. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan multivariate of anova. Pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Tukey. Hasil analisis menunjukkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24396

Article Metrics

Abstract views : 609 | views : 1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Fisika Indonesia



JFI Editorial Office

Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Gadjah Mada

Sekip Utara PO BOX BLS 21, 55281, Yogyakarta, Indonesia

Email: jfi.mipa@ugm.ac.id

JFI is indexed by:


Social media icon made by Freepik from www.flaticon.com

Creative Commons License
Jurnal Fisika Indonesia, its website and the articles published are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © Department of Physics, Universitas Gadjah Mada.

Social media icon made by Freepik from www.flaticon.com

web
analytics View My Stats