Pengaruh Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X (Halaman 8 s.d. 12)
Ellyna Hafizah(1*), Arif Hidayat(2), Muhardjito -(3)
(1) Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang
(2) Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang
(3) Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran anchored instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 2 Martapura semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen belajar menggunakan anchored instruction dan kelas kontrol belajar menggunakan inkuiri terbimbing. Pembelajaran dilakukan pada materi suhu dan kalor. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan multivariate of anova. Pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Tukey. Hasil analisis menunjukkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah Fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24396
Article Metrics
Abstract views : 2808 | views : 3863Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Ellyna Hafizah, Arif Hidayat, Muhardjito -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.