Implemantasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis Multimedia Interaktif pada Pokok Bahasan Listrik Magnet terhadap Aktivitas, Persepsi, dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Tut Wuri Handayani Makassar (Halaman 62 s.d. 65)
Fatima -(1*), Irfan Yusuf(2), Hartono Bancong(3)
(1) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik multimedia interaktif berdasarkan Kurikulum 2013, akivitas, persepsi, dan hasil belajar Fisika peserta didik pada pokok bahasan listrik dan magnet. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini menggunakan pre ekperimental design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif materi listrik magnet diperoleh hasil valid dan reliabel, perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dibuat diperoleh hasil yang valid dan reliabel. Akivitas peserta didik di atas 80 %, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan mampu mengaktifkan peserta didik. Persepsi peserta didik setelah dilakukan pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan listrik magnet di atas 80 %, hal ini menunjukkan bahwa peserta didik mengikuti dengan dengan baik pembelajaran yang dilakukan. Hasil belajar peserta didik setelah dilakukan pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan listrik magnet berada pada katagori baik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24392
Article Metrics
Abstract views : 1916 | views : 2250Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Fatima -, Irfan Yusuf, Hartono Bancong
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.