Pengukuran Frekuensi Bunyi Saron Demung Laras Pelog Gamelan Jawa Menggunakan Perangkat Lunak Visual Analyser (Halaman 73 s.d. 76)

https://doi.org/10.22146/jfi.24376

Mitrayana -(1*), V.J. Cytasari(2)

(1) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA UGM Sekip Utara Unit III BLS 21 Yogyakarta mitrayana@ugm.ac.id
(2) Jurusan Fisika, Fakultas MIPA UGM Sekip Utara Unit III BLS 21 Yogyakarta mitrayana@ugm.ac.id
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ’PENGUKURAN FREKUENSI BUNYI SARON DEMUNG LARAS PELOG GAMELAN JAWA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK VISUAL ANALYSER‘ ditujukan untuk mengkaji karakteristik frekuensi bunyi pada Gamelan khususnya Saron Demung Laras Pelog. Saron Demung Laras Pelog merupakan alat musik tradisional yang  belum mempunyai standar nada seperti alat musik lainnya. Penyelarasan gamelan dewasa ini biasanya dilakukan oleh para ahli, yaitu hanya dengan menggunakan rasa jiwa berdasarkan pengalamanya. Tiap gamelan yang dihasilkan memiliki perbedaan pada setiap penyelarasnya. Sehingga diharapkan hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk penentuan standarisasi pada alat musik gamelan khususnya Saron Demung Laras Pelog. Penelitian dilakukan dengan menggunakan mikrofon yang dihubungkan langsung ke komputer jinjing. Komputer jinjing ini telah dilengkapi dengan perangkat lunak Visual Analyser yang langsung dapat menampilkan spektrum dan nilai frekuensi dari bunyi gamelan yang diamati. Dengan melakukan penabuhan yang konstan pada setiap wilahannya maka dapat diperoleh nilai frekuensi resonansi dari Saron Demung Laras Pelog baik langsung pada kolom frequency meter maupun dengan menggeser kursor pada puncak amplitudo maksimumnya. Frekuensi resonansi rata-rata (f0) dan nilai ketidakpastian ralatnya (∆f0) yang diperoleh dari penelitian untuk Saron Demung Laras Pelog berturut-turut dari wilahan 1 sampai 7 yaitu (289 ± 6)  Hz, (319 ± 7) Hz, (336 ± 7) Hz, (392 ± 8)  Hz, (429 ± 8) Hz, (455 ± 8) Hz, dan (505 ± 9) Hz.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24376

Article Metrics

Abstract views : 600 | views : 757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Fisika Indonesia



JFI Editorial Office

Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Gadjah Mada

Sekip Utara PO BOX BLS 21, 55281, Yogyakarta, Indonesia

Email: jfi.mipa@ugm.ac.id

JFI is indexed by:


Social media icon made by Freepik from www.flaticon.com

Creative Commons License
Jurnal Fisika Indonesia, its website and the articles published are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © Department of Physics, Universitas Gadjah Mada.

Social media icon made by Freepik from www.flaticon.com

web
analytics View My Stats