Analisis Sifat Optis Lapisan Tipis ZnO, TiO2, TiO2:ZnO, dengan dan Tanpa Lapisan Penyangga yang Dideposisikan Menggunakan Metode Sol-Gel Spray Coating (Halaman 41 s.d. 44)

https://doi.org/10.22146/jfi.24372

Wilda Amananti(1*), Heri Sutanto(2)

(1) Jurusan Fisika Universitas Diponegoro Jl. Prof Soedarto. S.H. Tembalang - Semarang
(2) Jurusan Fisika Universitas Diponegoro Jl. Prof Soedarto. S.H. Tembalang - Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada penelitian ini lapisan tipis TiO2, ZnO, TiO2:ZnO, dengan dan tanpa lapisan penyangga  telah berhasil di deposisi di atas subtrat kaca menggunakan metode sol-gel dengan teknik spray coating. Sifat optik lapisan tipis TiO2, ZnO, TiO2:ZnO, dengan dan tanpa lapisan penyangga  dikarakterisasi dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis. Hasil pengujian menunjukan bahwa kualitas lapisan tipis TiO2:ZnO yang ditumbukan di atas subtrat kaca lebih baik dari pada lapisan tipis TiO2 dan lapisan tipis yang ditumbuhkan pada lapisan penyangga ZnO lebih baik daripada lapisan tipis yang ditumbuhkan langsung pada substrat kaca. Selain itu dengan adanya lapisan penyangga dapat memperkecil celah pita energi lapisan tipis. Besarnya celah pita energi lapisan tipis  TiO2, ZnO, TiO2:ZnO, ZnO/TiO2, ZnO/TiO2:ZnO masing masing secara berturut-turut adalah 3,2 eV; 3,12 eV; 3,08 eV; 3,04 eV dan 3,0 eV.


Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24372

Article Metrics

Abstract views : 399 | views : 478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Fisika Indonesia



JFI Editorial Office

Departement of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Gadjah Mada

Sekip Utara PO BOX BLS 21, 55281, Yogyakarta, Indonesia

Email: jfi.mipa@ugm.ac.id


JFI is indexed by:


  Creative Commons License
Jurnal Fisika Indonesia, its website and the articles published are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © Department of Physics, Universitas Gadjah Mada.
web
analytics View My Stats