Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA (Halaman 54 s.d. 58)
Pandu Joyo Sampurno(1*), Rizky Maulidiyah(2), Hidayah Zuliana Puspitaningrum(3)
(1) Universitas Jember Jalan Kalimantan 37 Tegalboto Jember, 68121
(2) Universitas Jember Jalan Kalimantan 37 Tegalboto Jember, 68121
(3) Universitas Jember Jalan Kalimantan 37 Tegalboto Jember, 68121.
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan terus meningkatkan mutu penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran. Media pembelajaran berbasis teknologi komputer seperti moodle merupakanmedia belajar untuk diaplikasikan sesuai tuntutan kurikulum 2013. Moodle merupakan model tempat belajar dinamis berorientasi objek yang berbasis web. Pengaplikasian moodle dapat membantu siswa mendapatkan tambahan pengetahuan berupa: (1) Materi pembelajaran optik di upload melalui fitur moodle; (2) Lembar Kerja Siswa (LKS) yang inovatif dan meningkatkan kemandirian siswa sesuai tuntutan kurikulum 2013.Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D), yaitu penelitian dan pengembangan.Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektivan produk tersebut. Tujuan dari penelitian adalah mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada pembelajaran fisika pada materi optik melalui moodle berbasis e-learning sebagai upaya inovatif untuk mendukung implementasi kurikulum 2013.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24361
Article Metrics
Abstract views : 4869 | views : 10580Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Pandu Joyo Sampurno, Rizky Maulidiyah, Hidayah Zuliana Puspitaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.