Analisis Cek List Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Biologi Laut

https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.88524

Helvitri Helvitri(1*), Firda Firda(2)

(1) Pranata Laboratorium Pendidikan University
(2) Pranata Laboratorium Pendidikan University
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingginya potensi kecelakaan di laboratorium, maka keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium perlu diperhatikan. Bahan kimia, peralatan, fasilitas tambahan, dan personel adalah beberapa dari banyak komponen yang ditemukan di laboratorium yang digunakan untuk mengevaluasi risiko kecelakaan. Mengingat tingginya kemungkinan terjadinya kecelakaan, teknik peninjauan dan penilaian harus digunakan dalam pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja. Penelitian ini menggunakan checklist keselamatan dan kesehatan kerja untuk mengkaji kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium Biologi Laut. Data di sajikan dalam bentuk tabel dan grafik, statistik deskriptif digunakan untuk analisis. Hasil analisis informasi berdasarkan nilai normatif adalah x ≥ 262, 5 (jenis sangat baik), 175≤ s/d 262, 5 (jenis baik), 88≤ s/d 175 (jenis lumayan baik) serta x≤ 88 (jenis tidak baik). Dengan skor rata-rata sebesar 245,33, didapat hasil pemeriksaan check list keselamatan dan kesehatan kerja laboratorium Biologi Laut secara keseluruhan masuk dalam kategori baik. Matriks acuan daftar periksa keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium, yang mencakup tata letak kantor, laboratorium, APD, perlengkapan kebersihan, peralatan darurat, bahan kimia, peralatan gelas, dan sistem kelistrikan, semuanya membuktikan hal ini.


Keywords


laboratorium, keselamatan kerja, kesehatan kerja, analisis cek list

Full Text:

PDF


References

Committee on Promoting Safe and Secure Chemical Management in Developing Countries, B. on C. S. and T., and Studies, D. on E. and L. 2011. Chemical Laboratory Safety and Security: A Guide to Prudent Chemical Management, 281.

Hati, S. W. 2015. Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Pembelajaran Di Laboratorium Program Studi Teknik Mesin POLITEKNIK NEGERI BATAM. Prosiding SNE “Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015”.

Maharani dan Sasi, 2018. Analisis Cek List Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Biologi FMIPA UNNES. I tegrated Lab Jurnal. Issn, 2655. 3643.

OSHA3404. 2011. Laboratory Safety Guidance. Occupational Safety and Health Administration, 3404–11R

Purba, Deasy Handayani, Simamora, Janner Pelanjani, Syafruddin, Amir, Mubarak, Mubarak, Sinaga, Lia Rosa Veronika, Purba, Imelda Gernauli, dan Kushargina, Rosyanne. 2021. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI). Yayasan Kita Menulis.

Redjeki, Sri. 2016. Kesehatan dan keselamatan kerja. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pusdik SDM Kesehatan, Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan. Google Scholar

Soleman, A., dan Sitania D. F. 2011. Pedoman Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada. Arika, 5(2), 125–136

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Susanti, R., Herlina, Lina, Sasi, dan Fitri Arum. 2021. Teknik Pengelolaan Laboratorium. Penerbit Andi.

Tarwaka. 2008. Kesehatan dan Keselamatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja dan Produktivitas. Surakarta: HARAPAN PRESS.

Trasmini, W. S, Deni, S dan Nur A. A. 2021. Kesehatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Biologi. Yogyakarta: Syntax Idea.



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.88524

Article Metrics

Abstract views : 228 | views : 128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats