Rancang Bangun Energi Meter pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik untuk Menunjang Praktikum Mikrokontroler dan Antarmuka

https://doi.org/10.22146/ijl.v0i3.88343

Wiwit Priantono(1*), Muchamad Chaninul Fuad(2)

(1) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
(2) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Praktikum mikrokontroler dan interface merupakan mata kuliah praktikum yang ada di Laboratorium Otomasi Industri. Pada praktikum ini perlu adanya pengembangan modul untuk mengimplementasikan materi yang di dapat pada praktikum Mikrokontroler dan interface. Pada pengimplementasiannya menggabungkan dengan matakuliah yang lain yang behubungan tentang power quality dan energi meter. Sehingga dapat menghasilkan alat yang bermafaat untuk dikembangkan di kehidupan sehari – hari. Pada penelitian ini telah dirancang dan dibangun alat pengukur energi meter pada stasiun pengisian kendaraan listrik. Alat dirancang dengan menggunakan mikrokontroler, tampilan interfacenya menggunakan LCD TFT. Alat ini dapat membatasi arus minimal charger untuk kendaraan listrik untuk menghindari terjadinya over charging. Selain itu alat ini juga bisa menghitung biaya proses mengisi daya kendaraan listrik dari awal hingga penuh.


Keywords


Energi meter; kendaraan listrik; Mikrokontroler; lcd TFT;charging.

Full Text:

PDF


References

Purnadi, Agung Wahyu. 2021. Perancangan Smart Charger Untuk Menghindari Overheat Pada Baterai Lithium-Ion. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang

Said, Muhammad.2016. Konversi Energi Listrik. Universitas Negeri Malang. Malang.

Ambarwati, Tiskha Sukma. 2016.Listrik dan Energi Listrik. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Anggriawan, Dimas Okky. 2015. Desain dan Implementasi Analisis Kualitas Daya Berbasis Fast S-Transform. Institut Sepuluh Nopember Surabaya. Surabaya.

Marga, Hidayat. 2021. Alat ukur Berat Badan, Tinggi Badan dan Suhu Badan di Puskesmas dengan Output Print. IIB Darmajaya Bandar Lampung. Lampung.

Bahtiar, M. Haryudo, S. I., Agung, A. I., & Chandra, A. 2021. PEMBUATAN PROTOTYPE PENSTABIL TEGANGAN UNTUK MENGATASI GANGGUAN OVER -UNDER VOLTAGE BERBASIS ARDUINO UNO. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Kurniawan, Edi., Pangaudi, D. S., Eko, D., Widjatmoko, N. 2022. Perancangan Sistem Monitoring Konsumsi Daya Listrik Berbasis Android.Universitas Muhammadiyah Surabaya. Surabaya.

Asari, Hasim. 2018. STM32 ARM CORTEX-M SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Supriyadi ,Achmad. Setyawan, Agus dan Suseno, Jatmiko Endro.2019. RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI UNIT PENGOLAHAN AIR BERSIH BERBASIS ARDUINO UNO R3 DAN NEXTION NX4827T043_011R. Universitas Diponegoro. Semarang

Rosyidi , Nizar. 2020. Studi Inspeksi Kelayakan Instalasi dan Instrumen Tenaga Listrik. Program Studi Teknik Elektro FTI ISTN Jakarta. Jakarta.

Pamungkas, Gilang Dwi. Suwito. Asfani, Dimas Anton. Sistem Monitoring Charging Station Mobil Listrik Berbasis Mikrokontroller dan Web Server. Institut Sepuluh Nopember Surabaya. Surabaya.

Bahri, Syaiful. Jumnahdi, Muhammad. 2022. Rancang Bangun Alat Pemantau Arus, Tegangan dan Daya Berbasis Blynk. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro.



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v0i3.88343

Article Metrics

Abstract views : 206 | views : 159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats