Pemanfaatan Silika Gel 70-230 Mesh Bekas Sebagai Pengganti Fase Diam Kromatografi Kolom pada Praktikum Kimia Organik

https://doi.org/10.22146/ijl.v1i1.82006

Emilda Emilda(1*), Noviza Delfira(2)

(1) Universitas Riau
(2) universitas Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu modul percobaan dalam Praktikum Kimia Organik di laboratorium kimia organik jurusan kimia FMIPA-UNRI adalah kromatografi, yaitu kromatografi kolom yang menggunakan silika gel 70-230 mesh sebagai fase diam. Namun setelah selesai pengggunaan, silika gel 70-230 mesh menjadi limbah yang di buang begitu saja. Sedangkan harga dari silika gel 70-230 mesh cukup mahal. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang pemanfaatan silika gel 70-230 mesh bekas sebagai pengganti fase diam kromatografi kolom pada praktikum kimia organik. Penelitian dilakukan dengan cara mencuci silika gel bekas menggunakan larutan 40 mL bayclin yang di encerkan dalam 500 mL akuades, selanjutnya pencucian dilakukan secara bertahap dengan akuades dan metanol teknis, kemudian dikeringkan dengan menggunakan oven pada suhu 105 ᵒC selama 2 jam. Silika gel kotor dicuci sebanyak 200 gram dan didapatkan 194,212 gram silika gel bersih berwarna putih. Uji terhadap kemampuan silika gel setelah dicuci dalam memisahkan komponen yang terdapat pada campuran ekstrak metanol ubi jalar ungu (Ipomoea batatas) dan ekstrak metanol daun pucuk merah (Syzygium oleana), dibandingkan dengan silika gel baru. Hasil uji menunjukkan 4 pita serapan pada silika gel setelah dicuci, dan 4 pita serapan pada silika gel baru, yang ditandai dengan terbentuk 4 warna yang berbeda pada silika gel di tabung kolom dan pada vial penampung baik untuk ekstrak metanol ubi ungu maupun ekstrak metanol daun pucuk merah. Hal ini menunjukkan bahwa silika gel yang dicuci dengan bayclin mempunyai kemampuan memisahkan senyawa yang terdapat pada ekstrak metanol ubi ungu dan ekstrak metanol daun pucuk merah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut silika gel yang telah dicuci selanjutnya dapat digunakan untuk kebutuhan praktikum kimia organik II khususnya di laboratorium kimia organik FMIPA Universitas Riau.


Keywords


silika gel; bayclin

Full Text:

PDF


References

Dwiarso R. 2017. Metode Kromatografi: Prinsip Dasar, Praktikum dan Pendekatan Pembelajaran Kromatografi. Deepublish, Yokyakarta.

Eryanti Y, Yuharmen, Zamri,A. 2019. Penuntun Praktikum Kimia Organik II Jurusan Kimia FMIPA Universitas Riau. Pekanbaru

Fasya A.G, Tyas A.P, Mubarokah F.A. 2018. Variasi Diameter Kolom dan Rasio Sampel-Silika pada Isolasi Steroid dan Triterpenoid Alga Merah Eucheuma cottonii dengan Kromatografi Kolom Basah. Journal Of Chemistry, 6 :(2) 57-64.

Haryanti D, Budyaningrum L, Denisa E, Hani R. 2021. Identifikasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Pucuk Merah (Syzygium Oleana). Florea : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 8(1), 39-47

Mirawati. “Kromatografi Kolom”. 16 Juli 2022. https://www.slideshare.net/idafarmasi/kromatografi-kolompptx

Rosamah E. 2019. Kromatografi Lapis Tipis: Metode Sederhana dalam Analisis Kimia Tumbuhan Berkayu. Mulawarman University Press. Samarinda

Sulistya IA. 2020. Pengaruh Penggunaan Natrium Hipoklorit (NaOCl) dalam Cairan Pemutih pakaian sebagai pereaksi pengujian ammonia pada air limbah. Integrated Lab Journal (01) 01.

Sundhani E, Syarifah DCN, Zumrohani LR, Nurulita NA, 2016. Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Adam Hawa Irhoeo discolor) dan Daun Pucuk Merah (Syzygium campanulatum Korth.) pada Tikus Jantan Galur wistar dengan Pembebanan Glukosa. Pharmacy, Vol.13 N0.02, 137-148.

Syahmani, Leny, Iriani R, Elfa N. 2017. Penggunaan Kitin Sebagai Alternatif Fase Diam Kromatografi Lapis Tipis Dalam Praktikum Kimia Organik. Jurnal Vidya Karya (32), 1.

Wahyuni S, Nurulita Y, Nugroho TT. 2016. Penentuan Kadar Fenolik Total Ekstrak 40% Etanol Dan Metanol Asam Umbi Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas). Ind.Che.Acta Vol.6(1)



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v1i1.82006

Article Metrics

Abstract views : 7402 | views : 63325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats