HERBARIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN LIETRASI VISUAL MAHASISWA DI LABORATORIUM TAKSONOMI TUMBUHAN JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

https://doi.org/10.22146/ijl.v4i2.67389

Solichin Solichin(1*)

(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 

Salah satu faktor lemahnya mahasiswa dalam praktikum taksonomi tumbuhan adalah rendahnya literasi visual mahasiwa sehingga dibutuhkan sumber literasi yang menarik, informatif dan mudah diakses oleh mahasiswa. Pengelolaan herbarium selama ini masih bersifat konvensional sehingga mengurangi minat mahasiswa untuk mengaksesnya sebagai sumber belajar. Oleh karenanya perlu dikembangkan herbarium virtual yang mempermudah akses informasi sehingga mampu meningkatkan literasi visual mahasiswa untuk mendukung proses kegiatan praktikum di laboratorium taksonomi tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan herbarium virtual berbasis web dengan menggunakan aplikasi teknologi XML untuk meningkatkan literasi visual mahasiswa dan pelayanan publik di bidang pendidikan.

Hasil dari penelitian berupa herbarium virtual dalam bentuk webblog yang memuat segala informasi dari koleksi herbarium fisik yang ada di laboratorium. Hasil kuesioner yang dikumpulkan dari 74 responden diperoleh data 31 % sangat tertarik, 50% tertarik, 9% ragu-ragu/tidak tahu, 7% tidak tertarik dan sisanya 3 % sangat tidak tertarik. Untuk informasi yang ada di herbarium virtual 27% responden menyatakan  sangat lengkap, 42% menyatakan lengkap, 20% ragu-ragu/tidak tahu, sisanya 11% menyatakan tidak lengkap. Tingkat kesesuaian informasi dengan materi perkuliahan, 34% responden menyatakan sangat lengkap, 52% lengkap, dan 14% ragu-ragu/tidak tahu. Selain itu 38% responden menyatakan herbarium virtual sangat membantu pemahaman materi perkuliahan, 53% menyatakan membantu, 8% responden ragu-ragu/tidak tahu sisanya 1% merasa tidak membantu.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa herbarium virtual meningkatkan literasi visual mahasiswa karena memudahkan mahasiswa mengakses herbarium secara virtual. Informasi di dalam herbarium virtual membantu mahasiswa memahami materi perkuliahan. Untuk meningkatkan fungsi herbarium virtual ini disarankan menambah jumlah koleksi dan meningkatkan koneksi dengan herbarium yang ada di lembaga atau instansi lain.

 

Kata Kunci: Herbarium virtual; Literasi visual


Keywords


Herbarium virtual; Literasi visual




DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v4i2.67389

Article Metrics

Abstract views : 277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats