Sistem Pendeteksian Marker pada Analisis Gait Menggunakan Pengolahan Citra Digital

https://doi.org/10.22146/ijeis.3888

David Ariano(1*), Agus Harjoko(2)

(1) 
(2) Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, FMIPA UGM, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Analisis gait adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kemampuan atau cara bergerak hewan atau manusia. Dalam bidang kedokteran, analisis gait digunakan untuk menentukan penanganan dan terapi bagi pasien rehabilitasi medik. Untuk melakukan analisis gait dibutuhkan laboratorium gait yang dapat mengolah data dari objek yang diamati, tetapi dibutuhkan peralatan khusus untuk mengolah data parameter gait tersebut.

            Dalam penelitian ini, dibuat suatu alternatif lain dari perekaman paramater gait dengan menggunakan teknologi pengolahan citra digital. Sebuah kamera video digunakan untuk merekam citra objek small gait cycle pada sebuah ruangan dengan pencahayaan yang berasal dari sinar UV. Perekaman citra dilakukan dengan menempatkan marker pada kaki kanan objek untuk pinggul, lutut, dan matakaki sebagai acuan dari parameter gait yang sering diamati.Deteksi blob akan digunakan untuk memisahkan citra marker dengan latar belakangnya. Parameter gait dihitung dengan menggunakan metode euclidean distance. Model yang digunakan adalah citra biner.

            Dalam pengujian sistem yang dilakukan, kecepatan berjalan objek yang terbaik adalah 0,8 m/s pada sebuah lintasan lurus sejauh 2,35 m. Kamera diposisikan tegak lurus terhadap lintasan objek dengan jarak 3,26 m pada latar belakang hitam dengan daya pencahayaan 80 watt yang berasal dari lampu UV.

 

Kata kunciAnalisis gait, deteksi blob, deteksi marker, euclidean distance

 

 

Abstract

 Gait analysis is a study about walking pattern of human or animal. In the field of medicine, gait analysis is used to determine treatment and rehabilitation of medical therapy for patients. To perform gait analysis required a gait laboratory to process the data from the object being observed and the special equipment is needed to process data such gait parameters.

In this research, designed an alternative to record gait parameters by using digital image processing technology. A video camera is used to record the image of small gait cycle in a room with lighting from UV rays. Marker placed on certain points of body based on gait parameters that are often observed like hip, knee, and ankle. Blob detection will be used to separate the image of the marker with the background. Gait parameters are calculated using the euclidean distance. The model used is a binary image.

Result of this system, the best walking speed object is 0.8 m/s on a straight track 2.35 m length. The camera was positioned perpendicular to the trajectory of objects at a distance 3.26 m on a black background with 80 watts UV lamps lighting.

 

Keywords Gait analysis, blob detection, marker detection, euclidean distance


Keywords


Gait analysis, blob detection, marker detection, euclidean distance

Full Text:

PDF


References

[1] Dewi, E.M., 2008, Penentuan Titik Referensi Pada Pengambilan Gerak Tungkai Tanpa Marker Dengan Metode Kurva Bezier Untuk Analisis Gait, Thesis, Teknik Informatika ITB, Bandung.

[2] Gunanto, S.G. 2009. Segmentasi bagian warna tubuh manusia pada citra 2D, proceeding SENTIA.

[3] Plettenburg, D., Smit, G., 2008, Effect of A Foot Gymnastic Exercise Programme on Gait Performance in Older Adults di Jurnal Prostetik dan Orthetic, Departmen Biomekanika, Universitas Delft, Belanda.

[4] Whittle, M., 2007. Gait Analysis: an Introduction ed.4, Butterworth-Heinemann, Inggris.



DOI: https://doi.org/10.22146/ijeis.3888

Article Metrics

Abstract views : 2583 | views : 7350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 IJEIS - Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of :
IJEIS (Indonesian Journal of Electronics and Instrumentations Systems)
ISSN 2088-3714 (print); ISSN 2460-7681 (online)
is a scientific journal the results of Electronics
and Instrumentations Systems
A publication of IndoCEISS.
Gedung S1 Ruang 416 FMIPA UGM, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Fax: +62274 555133
email:ijeis.mipa@ugm.ac.id | http://jurnal.ugm.ac.id/ijeis



View My Stats1
View My Stats2