Fungsi Sapaan Anda pada Acara Little VIP di Metro TV

Kity Karenisa

Abstract


Sapaan Anda yang umumnya digunakan oleh orang dewasa untuk menyapa sesama orang dewasa ternyata digunakan pula untuk menyapa anak-anak. Salah satunya terlihat jelas pada sebuah program wawancara di televisi. Tulisan ini didasari pertanyaan mengapa Anda digunakan secara berbeda pada program televisi dan apakah fungsi yang mendasari penggunaan sapaan tersebut. Walaupun disadari bahwa televisi mencerminkan kenyataan yang terjadi di masyarakat, penelitian ini membatasi kajian dari mencari hubungan langsung serta dari memastikan cerminan kenyataan tersebut dengan penggunaan sapaan Anda pada program wawancara anak-anak di televisi. Data penelitian diambil secara bertujuan dengan sampel tujuh wawancara di acara Little VIP di Metro TV yang dianggap mewakili berbagai kelompok latar belakang anak-anak. Analisis dilakukan melalui dimensi teks sebagaimana yang disampaikan oleh Norman Fairclough dengan memperhatikan unsur representasi (untuk mendapatkan gambaran tentang ideologi yang disampaikan melalui penggunaan sapaan Anda), relasi (untuk mendapatkan gambaran hubung yang ingin dibangun melalui penggunaan sapaan Anda), dan identitas (untuk mendapatkan gambaran identitas penutur dan lawan tutur melalui penggunaan sapaan Anda).  Analisis menunjukkan bahwa Anda yang digunakan sebagai sapaan oleh orang dewasa kepada anak-anak tersebut berfungsi untuk mengonstuksi identitas sosial dalam ranah jurnalistik dan mengontruksi identitas sosial yang egaliter antara orang dewasa dan anak-anak.

 


Keywords


Sapaan; Anda; anak-anak; televisi; Fairclough

References


Alieva, N.F., dkk. 1991. Bahasa Indonesia: Deskripsi dan Teori. Yogyakarta: Kanisius.

Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana.

Braun, Frederica. 1988. Terms of Address: Problems of Patterns and Usage in Various Languages and Cultures. Berlin: Mouton de Gruyter.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Fairclough, Norman. 1995. Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. London: Longman.

Heryatmoko. 2016. Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis): Landasan Teori, Metodologi, dan Penerapan. Depok: RajaGrafindo Persada.

Kaswanti Purwo, Bambang. 1982. Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalakasana, Harimurti. 1982. “Dinamika Tutur Sapa dalam Bahasa Indonesia” dalam Purwo, Bambang Kaswanti. Pelangai Bahasa: Esai Persembahan kepada Prof. Dr. J.W.M. Verhaar, S.J. Jakarta: Bhrata Karya Aksara.

Wijana, I Dewa Putu. 1991. “The Use of Term of Address in Bahasa Indonesia” laporan penelitian pada Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.22146/db.v2i1.49631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.