Analisis Wacana Kritis terhadap Pemberitaan “Kandungan Acrylamid di dalam Kopi Starbucks” pada Tempo.co

Catharina Dian Ikawati Susilo, Dian Indira

Abstract


Starbucks merupakan salah satu kedai kopi terkenal di seluruh dunia. Belakangan ini muncul berita mengenai temuan zat berbahaya yang terdapat dalam kopi yang dipasarkan oleh salah satu gerai Starbucks. Temuan ini pertama kali dimuat oleh Reuter, mengenai zat berbahaya yang terdapat dalam kopi siap saji tersebut. Analisis wacana kritis (Critical Discourse Analysis) merupakan suatu metode baru dalam penelitian ilmu-ilmu sosial budaya serta kebaruan dalam linguistik. Analisis wacana juga memeriksa konteks dari komunikasi: siapa yang mengomunikasikan dengan siapa dan mengapa; dalam jenis khalayak dan situasi apa; melalui medium apa; bagaimana perbedaan tipe dari perkembangan komunikasi; dan hubungan untuk setiap masing-masing satu sama lain. Penelitian ini mencoba mengangkat kasus ini melalui pendekatan kualitatif paradigma kritis. Metode kualitatif memusatkan perhatian pada prinsipprinsip umum yang mendasari perwujudan sebuah makna gejala gejala sosial dalam masyarakat. Hal-hal yang akan coba dikaji adalah: (1) mengapa tempo mengangkat berita mengenai zat berbahaya yang ditemukan pada kopi di salah satu gerai terkenal di dunia ; (2) ideologi apa yang ingin dicapai oleh Tempo. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan, bahwa sebuah perusahaan minuman kopi sekelas Starbucks, harus lebih memperhatikan kesehatan konsumen.Kesalahan sedikit saja yang ditemukan oleh seseorang terutama dalam sebuah media, akan sangat berpengaruh dalam pemberitaan dalam media. Ideologi dari penerbit berita, ingin mengarahkan pembaca untuk lebih peduli terhadap kesehatan masyarakat.

 


References


Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Fairclough, N., 1995. “Critical Discourse Analyse: The Critical Study of Language”, Harlow: Pearson.

__________., 2003. “Analysing Discourse. Textual Analysis For Social Research”, New York: Routledge.

Fairclough, Norman. 2004. Analyzing Discourse. New York: Routledge.

Haryatmoko., 2016. “Critical Discourse Analyse: Landasan Teoti, Metodologi dan Penerapan), Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wikipedia., 2018. “Starbucks Corp” https://id.wikipedia.org/wiki/Starbucks#Lokasi diunduh pada 26 April 2018, pukul 22.45 WIB.


Full Text: PDF

DOI: 10.22146/db.v1i2.47193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.