Kesahihan Isi Tindak Tutur Konstatif Berbahasa Indonesia

Mohammad Fakhrudin, Sukirno Sukirno, Bagiya Bagiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan tindak tutur konstatif berbahasa Indonesia dan cara menguji kesahihan isinya. Data yang berupa tuturan bersumber pada media cetak dan media elektronik. Data tersebut disediakan dengan teknik baca-catat, rekam-catat, dan pembangkitan kembali secara kreatif oleh peneliti. Analisis data dilakukan dengan metode padan, sedangkan hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tindak tutur konstatif berbahasa Indonesia dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam wacana ilmiah, (2) agar dapat memastikan kesahihan isi tuturan, petutur harus mengujinya, (3) pengujian dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan tentang ”dunia” isi tuturan, dan (4) berdasarkan kesahihan isinya, ada dua macam tindak tutur konstatif berbahasa Indonesia, yakni (a) tidak tutur konstatif yang sahih dan (b) tidak tutur konstatif yang tidak sahih.

 


References


Austin, J.L. 1962. How to Do Things with Words. Oxford New York: Oxford University Press.

Djajasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik. Bandung: PT Eresco.

Moeliono, Anton M. 1981. Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Jakarta: Djambatan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Priyo Darminto, Bambang. 2008. “Studi Perbandingan Model-Model Pembelajaran Berbasis Komputer dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Calon Guru di Perguruan Tinggi Muhammadiyah”. Disertasi UPI Bandung.

Rustono. 1998. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Widoyoko, Sugeng Eko Putro. 2007. “Pengembangan Model Evaluasi Program Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP.” Disertasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: ANDI.

Wijana, I Dewa Putu. 2003. “Wacana Dagadu, Permainan Bahasa, dan Ilmu Bahasa.” Pidato Pengukuhan Guru Besar UGM Yogyakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.22146/db.v1i1.47089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.